by

Tersendat Dana, Pramuka Aceh Tengah Tetap Seleksi Peserta Perkempinas

Takengon | Lintas Gayo – Gerakan Pramuka Aceh Tengah pada 7- 8 November ini akan mengadakan kegiatan seleksi perkemahan penegak putri tingkat nasional di Gedung Pramuka Jalan Lembaga Musara Alun, Takengon.

Nantinya, bagi yang terpilih berhak mewakili Aceh Tengah untuk mengikuti Perkemahan Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) tahun 2012 pada 17- 23 November 2012 di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Jambi.

Seorang DKC Aceh Tengah Hadhara Rizka mengatakan kegiatan penyeleksian ini dilakukan sehubungan dengan Surat Edaran Kwartir Daerah Aceh No: 228/01-A tanggal 31 Oktober 2012. Atas dasar tersebut, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Aceh Tengah melakukan  penyeleksian untuk kegiatan Perkemahan Putri tingkat Nasional tersebut.

“Surat dari Kwarcab sudah dilayangkan ke sejumlah sekolah tingkat SMA sederajat se Aceh Tengah sejak 1 November 2012,” ujar  Hadhara Rizka.

Kegiatan peyeleksian nantinya menghadirkan pemateri dari Andalan cabang kwartir Aceh Tengah/DKC Aceh Tengah dan dibantu oleh adik adik sangga kerja yang ada pada setiap perwakilan di sekolah tingkat SMA sederajat.

Setiap sekolah diwajibkan mengirim peserta 4 putri untuk diseleksi lulus menjadi peserta Perkempinas di Buper Sungai Gelam, Jambi. Nantinya hanya 8 peserta yang di ikutkan dalam kegiatan perkemahan putri itu.

Disinggung dana keberangkatan, Hadhara enggan menjelaskan hal tersebut karena bukan wewenang DKC untuk menjelaskannya. Meskipun demikian, walau tersendat mengenai pendanaan, Kwarcab Aceh Tengah tetap melakukan seleksi.

Kemandirian

Sementara itu purnawirawan TNI-AD yang juga pernah berkecipung di dunia Pramuka Agus Sutarjo menyambut baik adanya perkemahan penegak putri tingkat nasional yang diadakan di Bumi Perkemahan Sungai Gelam Jambi.

Menurutnya hal tersebut baik dilakukan untuk kemandirian anggota pramuka putri, sebab selama ini dinilai setiap perkemahan yang apabila bergabung dengan anggota pramuka putra, terlihat anggota pramuka putri cenderung meminta bantuan mendirikan tenda oleh anggota pramuka putra.

“Ada Perkempinas ini sangat baik agar anggota pramuka putri dapat mandiri dalam segala hal, terutama dalam kecakapan Pramuka,”tegas Agus.(LG-008/red.04)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.