by

Takengon – Gayo Lues – Pinding – Lokop, Jadi Lintasan Offroad Internasional

Salah satu peserta IOX 2012 menuruni sebuah anak sungai di pedalaman Jambi.(Foto: Humas IOX)
Salah satu peserta IOX 2012 menuruni sebuah anak sungai di pedalaman Jambi.(Foto: Humas IOX)

Banda Aceh | Lintas Gayo – Sejumlah kawasan di perdalaman Gayo lues menjadi lintasan dalam Event Offroad bertaraf Internasional yang akan berlangsung di Aceh mulai 6-22 April 2013 mendatang. Event yang bertajuk Indonesia Offroad Expedition (IOX) 2013, akan diikuti  62 kendaraan offroad dari seluruh Indonesia, dan beberapa negara tetangga, serta 22 sepeda motor trail.

Lintasan yang dilalui sangatlah menantang, mulai dari Sabang, lalu melintasi pegunungan Bukit Barisan mulai dari Banda Aceh – Jantho – Keumala – Pameu – Takengon – Gayo Lues – Pinding – Lokop – hingga ke Bahorok Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

“Event petualangan yang mirip Camel Trophy ini akan menempuh jarak sekitar 1.000 km selama 16 hari penuh,” ujar Ketua IOX Aceh, Kennedy Husen, Selasa (5/2/2013).

Kennedy mengharapkan bantuan semua fihak, khususnya Pemerintah daerah agar acara ini sukses. Pemda Aceh melalui Dinas Pariwisata Aceh telah menyatakan dukungan penuh untuk event ini. “Kami dukung  penuh. Apalagi tahun ini adalah tahun kunjungan wisata Aceh,” ujar Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh,  Drs Adami Umar MPd.

“Ini perhelatan kita, dan membawa nama Aceh ke dunia internasional,” tambah Ketua IOX Aceh lagi.

Dikatakan,  Event ini sebagai lanjutan IOX 2012 yang berlangsung di Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Sumatera Selatan, Februari tahun lalu. Tim Aceh yang dipimpin Ketua IOF Aceh, Musni  ‘Alex’ Haffas  “berhasil membujuk” panitia IOX 2012 agar mengalihkan event IOX 2013 dari rencana semula Kalimantan atau Sumatera Selatan/Lampung ke Aceh.

“Kita bertekad menjadikan event tahunan kali ini di Aceh bertaraf internasional, dengan mengundang team dari Malaysia, Brunei, Singapura dan negara negara tetangga lainnya,” ujar Alex.

Kendaraan yang mengikuti event ini merupakan SUV 4×4 yang didesain khusus  untuk melintasi medan berat. Beda dengan Camel Trophy yang hanya menggunakan merek Landrover, event ini akan diikuti berbagai merk terkenal  buatan  Amerika, Eropa dan Toyota Landcruiser berbagai seri yang legendaries buatan pabrikan Jepang.

Direncanakan 62 unit mobil offroad akan dibagi dalam 10 team dengan team leader offroader senior nasional, Syamsir Alam.(SP/red.04)

Comments

comments