by

Subhanallah, 100 Persen Benar!

Takengen | Lintas Gayo – Terharu. Ada tetesan air mata. Tim Lintas Gayo melakukan sujud sukur, usai dilaksanakan pleno KIP. Terharu dan sujud sukur atas Hidayah Allah. Berita Lintas Gayo selama pemilu ini ada yang mempertaruhkan/meragukan.

Sebelumnya Lintas Gayo sudah menurunkan berita berapa orang yang akan kembali ke DPRK? (Baca berita: Nama yang Berpeluang Duduk di Kursi Dewan Aceh Tengah). Berita naik di Lintas Gayo 14 hari yang lalu (11 April 2014). Saat itu proses perhitungan suara masih simpang siur.

Tim Lintas Gayo sempat kehilangan akal untuk mensiasati agar informasi tentang pemilu ini, khususnya untuk Aceh Tengah, cepat ter up date. Akhirnya tim, meminta pendapat wartawan senior Aceh Tengah, Bahtiar Gayo. Apa yang harus dilakukan tim untuk menyuguhkan berita yang terbaik dalam hiruk pikuk perhitungan suara ini?

“Apa Lintas Gayo berani menganalisa dan menyebut nama, serta sejumlah pridiksi lainnya?” tanya wartawan Waspada, “ Bila kalian menunggu pleno KIP, 11 hari lagi baru dilaksanakan. Apa sekarang kalian berani menganalisa dan menyebut nama yang berpeluang?”

Tim terdiam, bingung menjawabnya. “ Kumpulkan formulir C1, dapat keterangan dari berbagai sumber. Jangan percaya sepenuhnya kepada Caleg. Untuk refrerensi boleh. Karena setiap Caleg yang memiliki peluang, menyebutkan angka yang menguntungkan dirinya,” sebut Bahtiar Gayo.

“ Ambil perbandingan dari pihak lain yang juga melakukan perekapan suara. Buat analisis beritanya, bila kalian jujur, analisis kalian mendekati kebenaran,” sebut wartawan yang sudah banyak melahirkan generasi wartawan di Gayo ini.

Akhirnya tim Lintas Gayo menurunkan berita 14 orang akan berpeluang kembali menduduki kursi DPRK, dengan catatan pada saat itu, para imcumben dapat merebut dua kursi terahir di masing-masing Dapil. Bila tidak mampu merebut dua kursi panas di masing-masing Dapil, maka dipridiksikan hanya 12 orang incumbent ini yang akan melenggang ke DPRK.

Berita pada 11 April itu, disaat perhitungan suara masih gelap, spontan memunculkan reaksi. Ada tudingan kepada tim, bahkan menyebutkan Lintas Gayo membodoh-bodohi pembaca. Semua ini rekayasa Lintas Gayo. Aksi protes bermunculan.

Bahkan ada ancaman via sms yang bunyi begini “ Kenapa Lintas Gayo.com terlalu berani menyebutkan nama? PPK saja belum merekap, karena belum seluruhnya PPS mengantar tong suara ke PPK. Jangan karena berita kalian, orang ribut di lapangan.”

Mendapat tantangan ini, kembali tim berkonsultasi dengan wartawan senior ini. “Jalan terus jangan surut, buktikan tulisan kalian benar,” sebut Bahtiar Gayo, sambil memperhatikan copian formulir C1. Semangat dari penasehat PWI Gayo Lut ini, membuat tim Lintas Gayo eksis memburu informasi.Lintas Gayo sebagai media, tidak ada kepentingan dan urusan siapa yang bakal duduk di DPRK Aceh Tengah. Siapapun yang duduk di sana, Lintas Gayo tetap Lintas Gayo. Media ini berkewajiban memberikan informasi ke publik apa yang sedang berlangsung di Gayo.

Tanpa biaya operasional, semuanya ditanggung sendiri, bahkan harus pinjam sana-sini, Lintas Gayo tetap bertahan memberikan informasi. Bahkan ada yang demam, namun tetap berusaha memburu mendapatkan data.

Usai dilaksanakan pleno KIP, di Hotel Renggali Takengen, Kamis (24/4/2014) dini hari sekitar jam 03.20 WIB, Subhanllah berita Lintas Gayo Benar. 12 Incumben kembali ke DPRK. Karena, di Dapil 2, tidak ada incumbent yang berhasil meraih kursi panas (dua posisi terahir). Demikian di Dapil 4, hanya peringkat ke 7 yang diraih Winja.

Tim Lintas Gayo menundukkan kepala, sujud sukur. Ada tetesan air mata haru. “Subhanallah. Alhamdulillah. Berejen Ama, “sebut Iqoni wartawan termuda Lintas Gayo, memeluk amanya Bahtiar Gayo.

Keputusan final dalam rapat pleno KIP, membuka tabir apa yang dipridiksikan Lintas Gayo selama ini, Alhamdulillah 100 persen benar. 12 incumben yang akan kembali ke DPRK Aceh Tengah; Dapil 1; 1. Taqwa (Golkar) 2. Ikhwanusuffa (PDI-P). 3. Sirajuddin (PAN) 4. Zulkarnain (Demokrat) dan 5. Halidin (PKB). Dari Dapil 2; hanya satu orang, 6. Ismail Aman Nir (Demokrat). Dari Dapil 3, yang kembali ke DPRK 3 orang, 7. Amiruddin.(Demokrat) 8. Alamsyah Yakub (PPP) 9. Syamsuddin (PDI-P). Dapil 4. Urutan ke 10. Sukurdi Iska (PDIP). 11. Nazar (PA). 12. Yurmiza (Hanura).Kenapa Muhksin Hasan dari Golkar tidak masuk dalam incumben? Karena yang bersangkutan 2 bulan yang lalu sudah meninggalkan DPRK Aceh Tengah dalam sebuah PAW bersama Muhammad Ridwan (PKPI).

Kerja keras tim Lintas Gayo, demi menyuarakan Gayo diberkahi Allah. Ini yang dapat kami sumbangkan dalam membagi informasi. Walau kami tanpa gaji, mehne mah kendiri. Untuk biaya operasional meliput berita, kami bingung, terpaksa pinjam. Namun semua ini kami lakukan demi urang Gayo cepat mendapatkan informasi.

Terima kasih ya Rabbi telah membuka hati kami, telah memberi kami hidayah. Telah memberi kami kekuatan dan kesehatan. Terima kasih ya Malikul Mulk, telah memberi keihlasan di hati kami untuk menyuarakan Gayo, kami ikhlas. Ini bentuk pengabdian kami untukmu Gayo dalam memberikan informasi untuk tanoh tembuni. Amin. (Redaksi)

Comments

comments

News