by

Tingkatkan Informasi Kebencanaan, LPP RRI-RAPI Tanda tangani MoU Kerjasama

Redelong| lintasgayo.com – Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) lakukan penandatanganan nota kerjasama (MoU) terkait dengan pertukaran informasi dan berita guna menyuguhkan informasi tercepat dan terakurat kepada masyarakat.

Pengurus dan anggota RAPI Kabupaten Bener Meriah menyaksikan Video Telecomperen secara langsung di LPP RRI Takengon sekaligus penandatanganan kesepakatan bersama antara Radio Republik Indonesia dan Relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) diseluruh Indonesia dimasing masing LPP RRI secara serentak pada Jumat (10/07/2020).
Untuk 2 Wilayah Tengah Aceh dipusatkan di LPP RRI Takengon,Jalan Lembaga, Kemili. Bersama Kepala LPP RRI Muhsin Zein.SE dengan Ketua RAPI Bener Meriah Adi Saputra Ariga dan Ketua RAPI Aceh Tengah Jauhari.ST, secara bersama melaksanakan penandatanganan naskah MoU.

“RAPI Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah sangat sepakat dengan program ini. Program menjalin kerjasama bersama LPP RRI diseluruh Indonesia sehingga membantu Pemerintah dan Masyarakat,” kata Putra Mandala.
Dalam paparannya, Direktur Utama LPP RRI, M. Rohanuddin menjelaskan bahwa MoU itu dilakukan agar nilai-nilai kemanusiaan dalam peristiwa ataupun bencana alam yang terjadi di berbagai wilayah Indonesia, dapat tersalurkan ke masyarakat dengan cepat.

“Usaha-usaha kemanusiaan. Setiap ada bencana disitu ada RAPI, dan menyebarkan informasi secepat-cepatnya,” kata Dirut LPP RRI M Rohanuddin, dalam paparannya di auditorium Yusuf Ronodipuro, Gedung RRI Jakarta.
“Dimana ada gempa, ada gelombang seperti tsunami, disitulah teman-teman RAPI berada dan menyampaikan berita-berita penting dan kemanusiaan yang sangat tinggi,” tambahnya lagi.

Selain itu Ia juga mengungkapkan bahwa dengan adanya kerjasama tersebut, maka adanya pertukaran informasi antara LPP RRI dan RAPI, akan dapat tersalurkan dengan cepat secara meluas, sebab persebaran jaringan LPP RRI dan RAPI di berbagai daerah itu, ungkap M. Rohanuddin sangatlah luas dan banyak.

Terlebih saat ini, adanya bencana non-alam pandemi virus Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia sehingga informasi akan pencegahan penularan virus Covid-19 itu juga harus tersampaikan kepada masyarakat diberbagai pelosok daerah di Indonesia.

“Apalagi disaat kita masyarakat dunia sedang diterpa oleh Wabah Covid-19. Yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga diri, menggunakan masker, jaga jarak dan sebagainya. Itu adalah tatanan kehidupan baru,” ujar M Rohanuddin.

Sementara itu, Ketua Umum RAPI, Agus Sulistiyono mengungkapkan dengan adanya puluhan ribu anggota yang tergabung dalam Radio Antar Penduduk Indonesia di berbagai wilayah daerah Indonesia, maka kerjasama perihal penyebaran informasi kemanusiaan dalam kebencanaan itu dapat tersalurkan dengan baik.

“Jumlah anggota kami 80 ribuan, kalo pemancar ribuan. Maka sudahlah tepat kalo LPP RRI bekerjasama dengan Radio Antar Penduduk Indonesia. Kami organisasi sosial yg berbasis komunikasi,” ucapnya.

Beragam kehadiran RAPI itu ungkap Agus Sulistiyono, dipastikan juga hanya untuk kepentingan tercapainya edukasi dan informasi masyarakat.

“RAPI tidak pernah berharap sesuatu, karena apa yang dilakukan rapi tulus dan ikhlas demi bangsa dan negara,” tegasn Agus Sulistiyono.

Selain dihadiri oleh Direktur Sumber Daya Manusia LPP RRI, Nurhanuddin dan Direktur Keuangan LPP RRI, Hari Sudaryanto dan seluruh jajaran RAPI pusat, acara penandatangan kerjasama itu, juga turut dihadiri oleh Kepala Stasiun RRI Jakarta Endriman Butarbutar dan Kepala Pusat Pemberitaan Pro-3 RRI, Widhie Kurniawan.(Md/Ihfa)

Comments

comments

News