by

Akibat Angin Kencang, Sejumlah Sekolah Rusak Berat

Redelong | Lintasgayo.com – Akibat tiupan angin kencang yang melanda beberapa Kecamatan di Kabupaten Bener Meriah dalam 2 hari terakhir ini, selain terdampak dan menyebabkan rusaknya atap rumah penduduk juga bangunan dibeberapa sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah Sukur, S.Pd,M.Pd kepada media Lintasgayo. com, menjelaskan sedikitnya ada sejumlah bangunan sekolah yang terdampak dan rusak ditiup angin kencang, diantaranya adalah robohnya atap 3 ruang kelas SD Negeri Gunung Jati Kecamatan Permata, pada Senin malam 03/08/2020.

Kemudian kerusakan akibat tiupan angin kencang ini juga merusak atap dan plafon Mess Guru SMP Negeri 6 satu atap Bandar, rusaknya atap dan plafon satu ruang kelas SD Negeri Bener Lukup II dan satu ruang pada SMP Negeri 4 Bandar serta rusaknya atap satu ruang kelas pada SD Negeri 1 Puja Mulia,” jelas Sukur.

“Selain 5 sekolah yang sempat kami kunjungi tersebut ada juga kerusakan akibat tingginya intensitas tiupan angin ini, yakni robohnya atap dan plafon bangunan MCK SD Negeri Pantan Sinaku Kecamatan Pintu Rime Gayo yang dilaporkan oleh kepala sekolahnya Andika Saptariza via WA,” tambah Sukur.

Sementara itu untuk sejumlah sekolah yang mengalami kerusakan ringan, Kadis Pendidikan Bener Meriah ini langsung meminta Kepala Sekolah untuk langsung melakukan perbaikan, seperti kerusakan atap SMP Negeri 4 Bandar dan atap SD Negeri 1 Puja Mulia.

“Untuk yang rusak ringan seperti kerusakan atap pada SMP Negeri 4 Bandar dan atap SD Negeri 1 Puja Mulia ini langsung kita minta Kepala Sekolah untuk melakukan perbaikan, sementara yang rusak berat seperti robohnya atap dan plafon pada bangunan Mess Guru SMP Negeri 6 Satu Atap Bandar,” ujarnya.

Selain itu bangunan 3 ruang kelas SD Negeri Gunung Jati dan 1 ruang kelas pada SD Negeri Bener Lukup II, kita minta pihak sekolah untuk dapat menyelamatkan dan mengamankan seluruh mobiler dan aset lainnya agar tidak rusak terkena hujan dan keamanan aset-aset sekolah.

Seiring dengan masih tingginya intensitas tiupan angin di daerah penghasil kopi Arabika Gayo ini, Sukur juga berpesan kepada seluruh kepala sekolah baik PAUD, TK, SD dan SMP se-Kabupaten untuk meningkatkan kewaspadaan dan tetap memantau kondisi sekolah masing-masing.

“Walau sekolah masih diliburkan seiring dengan tingginya penularan Covid-19 akhir-akhir ini di Bener Meriah, tetapi fasilitas sekolah ini tetap harus diperbaiki secepatnya,” tegas Sukur.

Dapat kami sampaikan secara keseluruhan diantaranya SD Negeri Pantan Sinaku, Kecamatan Pintu Rime Gayo, atap MCK Roboh total terbawa angin rusak berat, atap 2 Ruang Kelas rusak sedang SD Negeri Gunung Jati, Kecamatan Permata, Atap 3 Ruang Kelas Roboh dengan kondisi rusak berat.

Ditambah SD Negeri 1 Puja Mulia Atap 4 lembar seng panjang terbang terbawa angin dalam proses perbaikan, SMPN 4 Pondok Ulung Kecamatan Bandar, atap 2 lembar seng panjang rusak juag sedang dalam proses perbaikan.

“Lebih lanjut lagi SMP Negeri 6 Satu Atap Bandar lokasi Batin, Kecamatan Bener Kelipah, atap dan plafon Mess Guru Rusak Berat, juga SD Negeri Bener Lukup II, Kecamatan Bener Kelipah atap dan plafon 1 Ruang Kelas Rusak Berat,” Tutupnya. (Putra Mandala/FG)

Comments

comments