by

Penarikan Tim Mahasiswa KKN-PPM UGM Periode II Tahun 2020 Berakhir

Redelong | Lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah yang diwakili Asisten III bagian Administrasi Drs. Suarman, mengikuti upacara penarikan 28 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada (UGM) secara resmi.

Tim mahasiswa KKN-PPM UGM ini dipimpin oleh Gusti Luthfi Awitchandra.“Kami berterima
kasih atas kesediaan pemerintah dan masyarakat setempat. Saya berharap, masyarakat Desa Fajar Harapan, dan Desa Blang Rongka dapat semakin maju ke depan. Amin,” ujar Gusti.

Senada dengan hal itu, Wahdan Fitriya menyatakan bahwa KKN-PPM UGM secara daring, meski dengan segala kekurangannya, tetap dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

“KKN daring atau online ini telah membuktikan bahwa interaksi tetap dapat terjalin meski dalam evaluasi kami akui bahwa komunikasi menjadi kendala utama dalam pelaksanaan KKN daring ini,” ujarnya.

Saya mewakili adik-adik mahasiswa sekali lagi mengucapkan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dalam pelaksanaan KKN daring ini,sekaligus mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran pemerintah, baik kabupaten, kecamatan, hingga desa dan dusun, selama kurang lebih 50 hari ini.

“Tentu, meskipun hari ini KKN kami secara teknis telah berakhir, tetapi kami InsyaAllah tetap dapat membantu masyarakat di sana,” tegas Wahdan.

Sementara Camat Timang Gajah, Budi W Nugroho, juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi 28 mahasiswa selama 50 hari di Desa Fajar Harapan dan Desa Blang Rongka.

“Saya berterima kasih kepada UGM dan mahasiswa KKN-PPM diKecamatan Timang Gajah, secara khusus di Desa Fajar Harapan dan Desa Blang Rongka.

Banyak kontribusi positif yang dapat kami tindaklanjuti di tengah masyarakat, seperti mewujudkan desa mandiri dengan inspirasi BUMDes Sukses dan meningkatkan layanan informasi publik desa sebagai amanah yang harus
dijalankan.

“Kami juga berterima kasih atas paket edukasi antikorupsi kepada anak-anak yang telah kami terima. InsyaAllah ini akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi kami semua. Kami pun mengakui bahwa dalam pelaksanaan KKN daring yang pertama kali ini, kami memohon
maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan dan kendala yang dihadapi,” ungkap Budi.

Setelah beberapa sambutan, perwakilan mahasiswa dari empat dusun, sub unit memaparkan laporan pelaksanaan program kerja yang telah disusun.

Dionisius Satria Surya Jaya, Koordinator Mahasiswa Subunit 1 (Dusun Pakat Jeroh), memaparkan satu program unggulan yang diangkat, yaitu “Pengembangan BUMK melalui Webinar dan Online Marketing”.

Selain itu, Subunit 1 telah melaksanakan total 27 program kerja. Selanjutnya, Windi Andini Rosdianti, mewakili Koordinator Mahasiswa Subunit 2 (Dusun Iwan Tona), memaparkan dua program
unggulan yang diangkat, yaitu Edukasi dan Pembuatan Buku Panduan Pencegahan Stunting
serta Pembuatan Instagram Kampung.

Selain itu, Sub unit 2 telah melaksanakan total 31 program kerja. Di tempat ketiga, Fajar Husein, Koordinator Mahasiswa Subunit 3 (Dusun Induk
Blang Rongka) memaparkan tiga program unggulan yang diangkat, yaitu “Penyaluran Paket

Edukasi dari KPK, Penyusunan Regulasi terkait Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, serta pembentukan Organisasi Pemuda Anti Sampah. Juga Sub unit 3 telah melaksanakan total 34 program kerja.

Terakhir, Joshua Jolly Sucanta Cakranegara, Koordinator Mahasiswa Subunit 4 (Dusun Bale Baru) memaparkan satu program unggulan yang diangkat, yaitu Edukasi dan Pengenalan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Desa Blang Rongka.

Juga Sub unit 4 telah melaksanakan total 28 program kerja. Seluruh program kerja ini bermuara pada luaran (output) yang beragam, mulai dari poster, leaflet, booklet, podcast, peta, hingga video.

Dalam hal tersebut Bupati Bener Meriah yang diwakili Asisten III, Drs. Suarman, mengungkapkan apresiasinya terhadap UGM serta mahasiswa yang telah bersedia mengabdi kepada masyarakat di Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi
Aceh.

Selain itu, ia juga berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya di Kabupaten Bener Meriah. Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bener Meriah mengucapkan terima
kasih yang sebesar-besarnya kepada sivitas akademika Universitas Gajah Mada.

Teruntuk dan adik-adik mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan yang telah berpartisipasi aktif dalam mengabdi kepada masyarakat Kecamatan Timang Gajah, khususnya Desa Fajar Harapan dan Desa Blang Rongka. Kecamatan Timang Gajah.

“Tentunya, kami benar-benar berharap bahwa kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di tempat kami ini dapat dilanjutkan pada masa mendatang,” ungkapnya.

Tidak terasa 50 hari telah adik-adik lalui bersama masyarakat Desa Fajar Harapan dan Desa Blang Rongka. Oleh sebab itu, kami memohon maaf apabila dalam pelaksanaan KKN ini kami belum dapat memberikan semaksimal mungkin.

Namun kami percaya, bahwa apa yang telah adik-adik mahasiswa lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat ke depannya. Tak lupa saya juga berharap agar pandemi Covid-19 ini segera berlalu,sehingga kami dapat mengundang dan mengajak adik-adik mahasiswa beserta Dosen Pembimbing Lapangan untuk berkunjung ke
daerah kami, Bener Meriah ini, pungkas Suarman.

Sebagai informasi, KKN-PPM UGM di Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, mengangkat tema “Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Stunting”.

Meski demikian, permasalahan yang ditemukan di luar stunting tetap menjadi fokus penyelesaian
melalui berbagai program kerja yang telah disusun oleh mahasiswa bersama masyarakat.

“Permasalahan dalam sektor pertanian, ketahanan pangan, sampah, agrowisata, ekonomi kreatif, atau sektor lainnya juga membutuhkan perhatian dan solusi yang tuntas,” jelasnya.

Kegiatan ini berlangsung secara daring penuh (full online) selama 50 hari, yaitu sejak Senin, 29 Juni 2020 hingga Selasa, 18 Agustus 2020 dan upacara penarikan tim mahasiswa KKN-PPM UGM Periode 2 Tahun 2020 diakhiri dengan foto bersama.

Dengan demikian, berakhirlah sudah 50 hari pelaksanaan KKN-PPM UGM Periode 2 Tahun 2020 di Desa Fajar Harapan dan Desa
Blang Rongka, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Turut hadir Reje Kampung Fajar Harapan, Musdir, serta Reje Kampung Blang Rongka, Yahya, Tidak kurang Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Wahdan Fitriya, turut mendampingi tim mahasiswa KKN-PPM UGM ini.(Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News