by

Mahasiswa UGM Jogja Laksanakan KKN-PPM di Kecamatan Timang Gajah

Penerimaan Mahasiswa Mahasiswi KKN-PPM Dari Universitas Gajah Mada di Kecamatan Timang Gajah Tahun 2020.

Redelong | Lintasgayo.com – Pelaksanaan penerimaan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) secara daring (online) untuk Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah. Selasa 30/06/2020.

Kegiatan Penerimaan KKN-PPM UGM Yogyakarta ini merupakan tindak lanjut dari Surat Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gajah Mada No.613/UN1/DPM/KKN/PM/2020, tanggal 20 Mei 2020, tentang permohonan Ijin Lokasi KKN-PPM di Provinsi Aceh.

Kabupaten yang dituju di Provinsi Aceh adalah, Kabupaten Aceh Besar di Kecamatan Pulo Aceh dan Kabupaten Bener Meriah di Kecamatan Timang Gajah. Dimana sehari sebelumnya KKN-PPM UGM telah dilepas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim di Jakarta.

Para Mahasiswa dan Mahasiswi KKN-PPM secara online/daring ini akan ditempatkan di 2 (dua) kampung dalam wilayah Kecamatan Timang Gajah yaitu Kampung Fajar Harapan dan Kampung Blang Rongka terhitung dari tanggal 29 Juni 2020 s/d 18 Agustus 2020 dengan jumlah 28 Orang.

“Kemudian akan dibagi menjadi 4 Klaster yaitu Klaster Sains-Teknologi, Klaster Sosial Humaniora, Klaster Agro dan Klaster Medika masing masing klaster terdiri dari 7 orang nantinya.

Dalam hal tersebut Bupati Bener Meriah, Tgk. H. Sarkawi, mengucapkan rasa terima kasih kepada Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gajah Mada yang telah menunjuk dan menetapkan Kabupaten Bener Meriah sebagai lokasi KKN-PPM UGM.

Termasuk mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa-Mahasiawi peserta KKN-PPM nantinya di Kabupaten Penghasil Komoditas Utama yaitu Kopi Arabika. Berharap Melalui KKN-PPM ini Universitas Gajah Mada sebagai Universitas Terbaik No.1 di Indonesia.

Berdasarkan Lembaga Pemeringkatan Internasional, Unirank 4 International Colleges & Universities (4ICU) mampu melakukan transfer ilmu pengetahuan dan mampu ikut memecahkan persoalan, memberikan solusi bagi masyarakat Kabupaten Bener Meriah sesuai dengan klaster yang telah dibagi nantinya.

Pemerintah Bener Meriah sangat berharap bahwa KKN-PPM UGM bukan hanya sebagai pemenuhan tugas tugas akademik akan tetapi menjadi tugas dan tanggung jawab civitas akademika khususnya UGM dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Semoga KKN-PPM UGM dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan Bener Meriah menjadi Lokasi KKN UGM setiap tahunnya.” Pintanya.

Sementara Camat Timang Gajah Budi W Nugroho, S.Ip, juga berterima kasih yang sebesar besarnya kepada Bupati Bener Meriah dan Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM yang telah mempercayakan Kecamatan Timang Gajah sebagai salah satu kecamatan penerima KKN-PPM UGM.

“Dimana UGM merupakan Universitas yang telah banyak sekali melahirkan tokoh-tokoh nasional salah satunya adalah Presiden RI Joko Widodo,” sebut Nugroho.

Semoga dengan kapasitas dan kapabilitas Mahasiswa-Mahasiswi KKN-PPM UGM mampu memberikan ide serta gagasan melalui program kerja yang telah dirumuskan secara detail kedalam 4 klaster “Sains-Teknologi, Sosial-Humaniora, Medika dan Agro” yang mana sangat sejalan dengan program yang telah dicanangkan oleh Bupati Bener Meriah yaitu ketahanan pangan (Agro).

Ditambah dengan Pencegahan dan Penanganan Stunting (Medika), Penanganan Sampah, Kampung Tangguh yang bukan hanya tangguh secara partial dalam arti khusus menghadapi bencana akan tetapi tangguh secara holistik mampu menyelesaikan setiap persoalan dan dinamika masyarakat di Desa Fajar Harapan dan Blang Rongka.

“Semoga pelaksanaan KKN-PPM UGM ini dapat berjalan maksimal sebagaimana yang telah kita harapkan. Berhasil serta dapat menjadi acuan terhadap Kabupaten Bener Meriah kedepannya.” Harapnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Asisten I Drs.Mukhlis, Asisten III Drs.Suarman, MM, Reje Kampung Fajar Harapan Musdir, Reje Kampung Blang Rongka Yahya, Dosen pembimbing lapangan dan Mahasiswa-Mahasiswi KKN-PPM UGM Yokyakarta. (Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News