by

Ratusan Bonsai Dipamerkan Di Lapangan Setdakab Aceh Tengah

Takengon | lintasgayo.com – Lebih dari 500 pot tanaman Bonsai turut ikut dipamerkan komunitas Gayo Bonsai Community (GABOC), dalam ajang Pameran Bonsai Aceh Tengah tahun 2021, mengambil tempat di Lapangan Setdakab Aceh Tengah, pada Sabtu (25/12/21).

Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar tampak hadir sekaligus membuka secara resmi pameran tanaman hias yang dikenal dengan Istilah Bonsai atau tanaman pohon bermedia tanam pot dangkal, yang merupakan seni menanam berasal dari jepang tersebut.

Dengan mengangkat tema “Kreatifitas Seni Bonsai Menuju Pesona Pariwisata Tanoh Gayo” Pameran yang turut di ikuti oleh komunitas pecinta Bonsai dari luar Aceh Tengah dan Bener Meriah tersebut, rencananya akan berlangsung selama dua hari, 25 hingga 26 Desember mendatang.

Secara resmi dibuka Bupati Shabela, ditandai dengan prosesi menggunting pita di gerbang utama pameran tanaman hias yang berlangsung terbuka untuk umum, dan turut menampilkan 540 Tanaman hias yang tertata apik dan rapi di lapangan terbuka tersebut.

Dalam Sambutannya, Bupati mengatakan, sangat mendukung adanya kegiatan pameran Bonsai tersebut, terlebih sebelumnya di penghujung tahun 2020 lalu juga pernah digelar ajang serupa di Kabupaten Aceh Tengah.

Menurutnya kegiatan itu sangat dapat meningkatkan minat pengunjung penikmat karya seni Bonsai, terlebih jika tekun dikembangkan tentunya juga bernilai tinggi, mengingat daya tarik terhadap bonsai saat ini biasanya diminati oleh kolektor yang juga tidak segan inggin membeli dengan nilai jual sangat tinggi.

Hal ini tentunya jika jika ditekuni dengan baik, akan menambah potensi ekonomi yang menjanjikan, dan juga dapat menarik minat kunjungan ke daerah Kabupaten Aceh Tengah.

“Kami selaku pemerintah daerah tentu sangat mendukung pameran Bonsai ini. Pameran bonsai ini bisa menjadi hiburan bagi masyarakat yang datang. Bagi pecinta bonsai, ini juga merupakan aktivitas penuh cita rasa seni yang jika ditekuni akan dapat menghasilkan usaha bernilai ekonomi,” Terang Bupati Aceh Tengah.

Sementara Ketua Panitia Pameran Bonsai dari Gayo Bonsai Community (GABOC) Armaja, menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati Aceh Tengah, beserta jajaran Pimpinan OPD Aceh Tengah untuk hadir sekaligus membuka secara resmi pameran Bonsai tersebut.

Ia juga mengharapkan dukungan dari penuh dari Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pameran serupa yang kiranya dapat menjadi ajang kegiatan rutin di Kabupaten Aceh Tengah pada tahun-tahun mendatang.

Menurutnya, kegiatan Pemeran Bonsai bertujuan untuk mempererat tali silaturrahim antar pecinta Bonsai serta juga sebagai ajang memperkenalkan keindahan tanaman Bonsai kepada masyarakat baik dari dalam maupun luar Kabupaten Aceh Tengah

“Pameran bonsai ini diikuti dapat memamerkan sekitar 580 pot tanaman Bonsai, Alhamdulillah dapat melampaui Batas target panitia yang hanya menargetkan menampilkan 400 Pot saja,” Jelasnya.

“Semoga Setelah pameran ini, kedepannya akan terus dapat kita rutin kan melaksanakan agenda yang sama, dan semoga di setiap tahunnya dengan skala yang lebih besar. Jika sekarang kita laksanakan pameran dengan peserta mayoritas dari Aceh Tengah dan Bener Meriah, nantinya tahun depan kita akan buat kontes bonsai dengan peserta yang kita undang juga dari luar, Tentu dengan support dan dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Aceh Tengah,” harapnya.

Selain Pameran Bonsai, acara yang digelar selama dua hari ini juga menyediakan gerai penjualan kebutuhan bertanam bonsai. Mulai dari pupuk, pot, obat tanaman, sampai pohon bonsai dengan harga yang relatif terjangkau serta juga turut di sediakan fasilitas gerai Vaksinasi Covid-19, sebagai upaya dalam percepatan program target pelaksanaan Vaksinasi 70% di Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2021. (Rel/LG010)

Comments

comments