by

Terharu, Ini Pesan Terakhir Hamdan Selaku Kakankemenag Bener Meriah

Redelong | Lintasgayo.com – Terharu dan sedih, itulah gambaran suasana saat Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah Drs H Hamdan MA menyampaikan  permohonan maaf di Mushalla Al-Ikhlas kantor setempat, Jumat (5/8/2022) kemarin.

Banner

Dalam amanat terakhirnya, Hamdan mengawali dengan menceritakan kisah cinta sejati antara seorang adik dan kakak, dimana intisari dari cerita tersebut bahwa semua butuh pengorbanan.

Hamdan menyampaikan, pindah tugasnya ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Takengon untuk menjadi dosen, adalah keinginan dirinya sejak 2014.

“Tidak ada yang kekal, tidak ada yang tidak mampu jika kita bekerja bersama-sama, inilah yang membuat saya percaya diri,” ujar Hamdan.

Hamdan berdoa dan berharap, semoga penggantinya segara hadir untuk menjalankan tugas sebagai Kepala Definitif Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bener Meriah.

Ia berpesan, kegiatan dan hal positif agar dapat dilanjutkan, kekeluargaan yang sudah dibangun bersama dirinya kurang lebih 2 tahun 8 hari untuk dapat dijaga dan di pupuk bersama.

Hamdan juga berpesan, bantuan untuk tanah wakaf yang satunya-satunya di Aceh untuk dapat diselesaikan.

“Alhamdulillah kita dapat bantuan untuk tanah wakaf Blang Rakal, mohon dituntaskan sesuai dengan proposal yang sudah diterima,” ucapnya.

Hamdan juga berpesan, Bangunan Boarding Shcool MAN 1 yang dalam pelaksanaan, kemudian Mobil Dinas, PLHUT 2023 agar dapat diselesaikan dengan baik.

Hamdan juga meminta kepada Penyelenggara Zakat Wakaf, untuk dapat menyiapkan sertifikat tanah KUA Bukit agar dapat diusulkan bangunan dari dana SBSN.

Kemudian, Hamdan mengajak segenap pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Bener Meriah untuk melanjutkan S1 bagi yang tamatan SMA sederajat, begitu juga yang sudah S1 untuk dapat melanjutkan ke jenjang S2.

“Saya jadi dosen, dan saya juga akan melanjutkan pendidikan S3,” ungkap Hamdan yang pernah menjabat Kakankemenag Aceh Tengah dan Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Aceh ini.

Di akhir arahannya, Hamdan berharap tidak mendengar kekisruhan setelah kepergiannya ke tempat tugas yang baru di IAIN Takengon.

“Kita ingin lembaga ini menjadi besar, namun semua kita diberi keterbatasan waktu, hari ini saya diberi kesempatan mengabdi di lembaga lain,” lanjutnya.

“Mari jaga rasa kebersamaan yang telah kita bina bersama, bersama kita bisa, jaga kekompakan, rajut kebersamaan, seperti kita menjalin hubungan keluarga,” pintanya.

Lebih lanjut, Hamdan meminta segenap ASN dan pramubakti untuk bekerja karena tugas dan fungsi, bukan karena atasan.

“Koordinasi dengan pemerintah daerah dan instansi vertikal untuk tetap dilanjutkan, begitu juga untuk prestasi yang sudah baik harus dipertahankan,” pinta Hamdan.

“Kalau berusaha untuk lembaga tidak perlu malu-malu, terus lakukan hal positif untuk membangun lembaga,” jelasnya.

“Saya minta doa kepada Bapak Ibu semua, agar dalam rangka mengembangkan diri di IAIN Takengon diberi kekuatan dan kesehatan, mohon maaf atas segala kesalahan, baik ucapan atau tindakan selama ini,” ujarnya dengan nada sedih.

Terakhir, Hamdan  meminta segenap pegawai untuk mendukung Plt Kakankemenag Bener Meriah H Yanto SPD MPd dalam menjalankan tugas sebagai pimpinan.

Sementara itu, Plt Kakankemenag H Yanto SPd MPd menyampaikan, bahwa hal-hal yang dilakukan Kepala Kantor Drs H Hamdan MA adalah semua untuk lembaga, bukan untuk kepentingan pribadi.

Pada kesempatan itu,  Yanto meminta  dukungan segenap pegawai, kepala madrasah, kepala KUA, dan segenap jajaran untuk menjalankan tugas yang dibebankan pada dirinya.

“Kami ucapkan kasih yang tak terhingga, atas kerja keras  dan dedikasi Bapak Hamdan untuk mendidik kami untuk membesarkan lembaga tercinta,” ujarnya.

Yanto mengatakan, semoga Kepala Definitif segera hadir dan akan dilaksanakan lepas sambut antara Kepala Kantor yang baru dan yang lama.

Usai sambutan Plt Kakankemang Bener Meriah, air mata sejumlah pegawai tak dapat terbendung sembari menyalami mantan Kakankemenag Bener Meriah Drs H Hamdan MA periode 24 Juli 2020 hingga 1 Agustus 2022.

Hadir dalam acara ini, Ketua K2M, Kepala KUA, sejumlah kepala dan guru serta pegawai Kantor Kementerian Agama Bener Meriah.  (Fazri)

Comments

comments