by

Pj Bupati Bener Meriah Paparkan Program Inovasi “Alib Bata”

Redelong | Lintasgayo.com – Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si melakukan pertemuan dengan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpPAN RB), Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA, terkait dengan beberapa program inovasi yang dilakukan oleh Pemkab Bener Meriah khususnya program Alib Bata. Pertemuan tersebut berlangsung diruang Ruang Rapat Majapahit,  Kantor pusat KemenPAN-RB,. Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan, Rabu, (24/8/2022).

Dihadapan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpPAN RB), Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA, Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si menyampaikan dan memaparkan beberapa program inovasi di Kabupaten Bener Meriah terkait dengan pelayanan publik, salah satunya adalah program Alib Bata (Anak Lahir Bidan Beri Akta). Program ini adalah salah satu program inovasi unggulan yang dicanangkan Pemkab Bener Meriah pada tanggal 27 Mei 2021 tahun lalu, ungkap Haili Yoga.

“Program inovasi Alib Bata, adalah salah satu program unggulan Pemkab melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bener Meriah, dan ini juga merujuk kepada  Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 472.11/2822/Dukcapil, tentang pelayanan pencatatan sipil, dimana Dukcapil di perintahkan melakukan terobosan-terobosan baru dalam percepatan dan kemudahan pelayanan kepada masyarakat termasuk dengan para Bidan Desa, Rumah Sakit, Rumah bersalin sebagaimana yang kita lakukan saat ini, selain itu menindak lanjuti misi Pemerintah Kabupaten Bener Meriah tentang peningkatan pelayanan, papar Haili Yoga kepada Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpPAN RB), Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA.

Mendapat penjelasan dan paparan dari Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si mengenai berbagai program inovasi yang telah dilakukan oleh Pemkab Bener Meriah, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpPAN RB), Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA, menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya kepada jajaran Pemkab Bener Meriah. Dimana dalam berbagai program inovasinya juga telah melibatkan banyak pihak, termasuk salah satunya BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial).

“Saya  sangat senang dan mengapresiasi setinggi – tingginya dengan berbagai program inovasi Pemkab Bener Meriah salah satunya adalah Program Alib Bata yang juga telah melibatkan banyak pihak termasuk BPJS,” ungkap Prof. Diah.

Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA  juga mengatakan, hal serupa juga ada dikota Surabaya, namun baru di Kabupaten Bener Meriah satu-satunya daerah yang saya ketahui ada kerjasama dengan BPJS, ini luar biasa.“Saya sangat suka dengan program inovatifnya,” ungkap Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA.

Untuk membuktikan tentang program inovasi Alib Bata itu, dihadapan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpPAN RB), Prof. Dr. Diah Natalisa, MBA, Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si  melakukan video call langsung dengan Kepala Disdukcapil Kabupaten Bener Meriah Sasmanto, SE, Ketua IBI Rsinawati, S.SiT serta beberapa Bidan yang ada dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah, serta Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bener Meriah langsung dari rumah warga penerima layanan Alib Bata yang mana kelahiran bayi mereka bertepatan dengan 17 Agustus 2022 yang lalu yang didengan dan disaksikan langsung oleh Prof. Diah.

Dalam Video call tersebut, Prof. Diah dapat melihat langsung semua produk dan penjelasan proses layanan yang didapatkan oleh masyarakat berupa Akta Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu BPJS Kesehatan.

Dalam pertemuan itu juga, Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.si menyampaikan secara lisan kepada Prof. Diah  selaku  Deputi Bidang Pelayanan Publik untuk dapat hadir dengan segera ke Kabupaten Bener Meriah dalam rangka melihat dan memberikan masukan guna meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Bener Meriah, menanggapi apa yang diharpakn oleh Pj. Bupati, Prof. Diah menyampaikan akan siap mendukung kegiatan inovatif pelayanan publik di Kab. Bener Meriah dan akan hadir ke Benr Meriah, Insyaallah, pungkasnya.

Tampak hadir mendapingi Pj. Bupati dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Abdul Muis, SE, MT, Kepala BPKPA Marwan, SE, MM, Kepala Dinas PUPKP Erwin, ST, M.Si dan Kepala Dinas Syariat Islam Taslim, S.Ag, M.Sos. (*)

 

Comments

comments