by

Waspada Curah Hujan Masih Tinggi

Redelong | Lintasgayo.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Malikussaleh Kabupaten Aceh Utara terus memperingatkan masyarakat Kabupaten Bener Meriah untuk tetap waspada.

Karena curah hujan diperkirakan masih cukup tinggi dan hampir merata diseluruh wilayah Kabupaten Bener Meriah.

Dengan potensi curah hujan yang tinggi ini bisa mengakibatkan terjadinya  peluang  bencana hidrometeorologi seperti tanah longsor, genangan air, banjir maupun banjir bandang. Demikian disampaikan oleh Kepala BMKG Kabupaten Aceh Utara Siswanto, Sabt, (12/11/2022).

“Kita tetap menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Bener Meriah untuk tetap dan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap curah hujan yang masih tinggi,  serta waspada terhadap dampak yang bisa ditimbulkannya,” imbau Siswanto.

Disampaikannya, untuk cuaca esok, hari Minggu (13/11/2022) di wilayah Kabupaten Bener Meriah, mulai pagi hingga siang diperkirakan hujan ringgan hingga sedang, sedangkan untuk sorenya diprediksi hujan  dengan intensitas sedang hingga lebat, kemungkinan disertai petir.

Untuk malam harinnya diperkirakan hujan ringan.  Suhu berkisar antara 17 – 28°C dengan Kelembaban 75 – 99%, sementara angin bertiup menuju Timur Laut dengan kecepatan 16 km/jam, terang Siswanto.

Sementara prakiraan berbasis dampak hujan lebat, Kabupaten Bener Meriah berada pada level Waspada bersama 13 kabupaten/kota lainnya di Aceh.

“Dengan dampak yang bisa ditimbulkan berupa terjadinya  tanah longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, volume air sungai meningkat yang bisa mengakibatkan banjir dan sebagainya,” ungkap Kepala BMKG Kabupaten Aceh Utara itu.

Terhadap hal yang demikian, BMKG tetap mengimbau masyarakat untuk selalu berhati – hati apabila menjalankan aktivitas diluar rumah, selalu mengupdate informasi cuaca melalui laman resmi BMKG atau Medsos milik BMKG, dan atau melalui pemberitaan resmi seperti yang dirilis oleh  Diskominfo Kabuaten Bener Meriah.

Sekali lagi, kita mengimbau dan mengingatkan  masyarakat tetap waspada dan berhati-hati ketika beraktivitas di luar rumah apalagi yang berada pada titik – titik yang rawan benacana.

“Karena intensitas curah hujan masih relative tinggi selama beberapa hari kedepan,” kata Kepala BMKG Stasiun Malikussaleh Kabupaten Aceh Utara Siswanto.  (*)

Fazri Gayo

Comments

comments