Festival Makan Durian Di Kampung Tunyang

Festival Makan durian

Redelong | Lintasgayo.com – Penjabat (Pj.) Bupati Bener Meriah buka event festival makan durian di kebun durian Kampung Tunyang, Kecamatan Timang Gajah, Selasa (20-12-2022)

Kegiatan tersebut dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun ke-19 serta sebagai ajang promosi buah durian yang menjadi salah satu komoditi yang hidup subur di tanah negeri di atas awan, Kabupaten penghasil kopi terbaik dunia itu.

Lomba makan durian dalam rangka memeriahkan HUT ke-19 Kabupaten Bener Meriah tahun ini di pusatkan di Kafe Tunyang, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Bener Meriah, Dandim 0119 Bener Meriah, Kajari Bener Meriah, Ketua DPRK Bener Merih, Pj. Ketua TP-PKK Bener Meriah, Asisten Perekonomian dan Pembagunan, Kadis Pariwisata, Kadis Perhubungan, Kadis Koperasi dan UKM, Kadis Kesehatan, Kadis Pertanian dan Pangan, Kaban Kesbangpol, Pj. Ketua DW Bener Meriah, Camat dan unsur Forkopimcam Timang Gajah serta masyarakat setempat.

Haili Yoga menyampaikan, festival makan durian ini bertujuan untuk merangsang kunjungan wisatawan untuk hadir di kabupaten Bener Meriah, “festival ini hanya salah satu media promosi, bukan ini intinya, tapi intinya puncak panen raya pada bulan Februari mendatang dapat menyerap ribuan wisatawan hadir ke Bener Meriah untuk menikmati durian langsung dari pohonnya,”ujar Haili Yoga.

Selain itu katanya lagi, durian Timang Gajah memiliki kualitas yang sebanding dengan durian-durian terkenal di Asia, dan pemerintah daerah terus berupaya mempromosikannya karena saat ini banyak masyarakat luar belum mengetahui informasi tentang durian Bener Meriah.

“Kita akan menjadikan festival durian menjadi agenda tahunan, dan kita berupaya kegiatan ini dapat menjadi event wisata provinsi dan event wisata nasional, sehingga kagiatan ini dapat meningkat penghasilan petani dan para pelaku ekonomi yang bergerak di bidang pariwisata di Bener Meriah,” terang Pj. Bupati.

Kegiatan ini kata Haili Yoga merupakan salah satu bentuk dan upaya pemerintah daerah untuk memperkenalkan lezatnya buah durian dari Kampung Tunyang, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah. ” Kegiatan ini juga menjadi salah satu wisata agro yang dipromosikan oleh Pemerintah Daerah Bener Meriah. Untuk dapat diketahui bahwa durian kita sudah dikenal di tingkat Nasional,” terang Pj. Bupati Bener Meriah itu.

Dalam festival makan durian saat itu, Haili Yoga menyampaikan bahwa berkat upaya dan kerjasama yang telah dijalin Pemerintah Daerah Bener Meriah dengan PT. Trigana Air dalam waktu tidak lama lagi akan ada pesawat kargo yang akan mengangkut hasil bumi dari Kabupaten Bener Meriah ke sejumlah daerah untuk dipasarkan. “Untuk itu kami berharap kepada para petani untuk mempersiapkan komoditi yang akan dipasarkan tersebut, karena PT. Trigana Air sudah bersedia menyediakan pesawat argonya untuk kita,” pinta Pj. Bupati itu.

Diakhir arahan nya, dia juga menyampaikan Kampung Tunyang adalah zona desa durian, selain itu Kabupaten Bener Meriah juga memiliki zona desa cabe yang juga akan digelar festival panen cabe. Festival ini kita harapkan menjadi icon Kabupaten Bener Meriah “Saya mengajak agar kegiatan ini dapat di sampaikan dan di beritakan lebih luas, kami juga mengharapkan media dapat juga memberitakan kegiatan kita ini,” ajak Haili Yoga.

Sebelumnya Irmansyah, S.STP., M.SP dalam laporannya menyebutkan, kegiatan festival makan durian tersebut diselenggarakan dalam rangka menyemarakan HUT ke-19 Kabupaten Bener Meriah Tahun 2022.

“Maksud tujuan kegiatan ini untuk memeriahkan HUT ke-19 Bener Meriah, selain itu untuk mempromosikan durian Timang Gajah. Tahun depan kegiatan ini akan kita selenggarakan lebih semarak, lebih meriah dan lebih besar lagi. Dengan kegiatan ini diharapkan kunjungan wisatawan ke Bener Meriah untuk mencicipi kelezatan durian Bener Meriah akan ramai, sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. Lomba ini tanpa dipungut biaya pendaftaran, tapi tetap diberikan hadiah kepada para pemenag, “demikian Kadis Pariwisata Bener Meriah.

Usai kegiatan seremonial, kegiatan dilanjutkan dengan lomba makan durian, dalam lomba itu juara pertama diraih oleh ibu-ibu dari Kampung Linung Bulen, juara kedua ibu-ibu Persit dan juara ketiga Ibu ibu Kajari, dan favorit Ibu ibu Linung Tunyang. Hadiah diserahkan langsung oleh Pj. Bupati Bener Meriah dan unsur Forkopimda Bener Meriah. (*)

Fazri Gayo

Comments are closed.