by

Meriahkan HUT RI, Puskesmas Ronga- Ronga dan RSU Muyang Kute Lakukan Donor Darah

Ronga- Ronga | Lintasgayo.com| Untuk menyehatkan masyarakat dan membantu mereka yang membutuhkan, UPTD Puskesmas Ronga-Ronga, Bener Meriah melakukan bakti sosail dengan menggerlar kegiatan donor darah.

Kegiatan donor darah yang bekerjasama dengan RSUD Muyang Kute Bener Meriah dilaksanakan untuk memeriahkan HUT RI ke 78. Ada 40 peserta yang mendaftarkan diri untuk diambil darahnya dan dibagikan kepada yang membutuhkan pertolongan.

Kegiatan donor darah ini berlangsung di Ruang Tindakan Gawat Darurat Puskesmas Ronga-Ronga, Rabu (09/08/2023) pagi menjelang siang.

Menurut Kepala Puskesmas Ronga-Ronga, Djamaluddin, Amd.Kep, kepada media ini disela sela kesibukanya dalam kegiatan donor darah ini menjelaskan, ada 40 peserta yang mendaftarkan diri untuk kegiatan amal ini.

Mereka terdiri dari staf Puksesmas Ronga-Ronga, bidan desa dan masyarakat di wilayah kerja Pukesmas Ronga-Ronga.

Menurut Djamaluddin, pihaknya sebelum melakukan donor darah, peserta terlebih dahulu diperiksa kesehatan, baik itu untuk memastikan HB dan golongan darah dan kesehatan peserta.

“Dari 40 peserta yang ikut mendaftarkan diri,  ada 5 peserta yang HBnya tidak mencukupi,  sehingga tidak bisa disumbangkan untuk pihak lain yang membutuhkan,” sebutnya.

Sementara itu, dokter UPTD Puskesmas Ronga-Ronga dr. Suci Guntari menambahkan keterangan kepala Puskesmas, menurutnya, sebelum pelaksanaan kegiatan donor darah di Puskesmas, pihaknya telah melakukan kegiatan sosialisasi kepada staf bidan dan masyarakat tentang manfaat kegiatan donor darah.

“Beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh diantaranya  untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolestrol jahat, menurunkan berat badan, menditeksi penyakit serius, menurunkan resiko kanker, dan membuat lebih sehat secara psikologis serta memerpanjang usia” jelas dr Suci.

Dijelaskan Ketua Tim UTD RSUD Muyang Kute Bener Meriah Ns. Jusri,S.Kep, dari kegiatan donor darah ini berhasil dikumpulkan 19 kantong darah dari 40 peserta yang mendaftar.

“Ada diantara peserta yang tidak bisa mendonorkan darahnya karena faktor kesehatan dan Usia. Kami mengucapkan terima kasih kepada Staf Puskesmas Bidan Desa dan Masyarakat di wilayah kerja UPTD Puskesmas Ronga-Ronga yang telah mendonorkan darahnya, semoga bisa bermanfaat untuk yang membutuhkannya,”sebut Jusri sambil mengumpulkan darah yang sudah didonorkan. ( Eed)

Comments

comments