Ini Foto-foto Persiapan Tim Peserta Lomba Munoling

Takengon | Lintas Gayo – Masyarakat 4 kampung di Kemukiman Toweren Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah sepertinya sangat antusias mengikuti perlombaan Resam Munoling yang akan digelar Minggu 10 Juni 2012.

Pantauan Lintas Gayo Sabtu (9/6) sore, 4 tim yang akan bertanding, tim Kampung Toweren Uken, Toweren Toa, Toweren Antara dan Wak Toweren tampak disibukkan dengan sejumlah persiapan diantaranya menyiapkan Seladang bersupu serule (gubuk khusus untuk tangkai padi yang sudah dipotong), Bili (alat penampung padi khas Gayo mirip keranjang), Sedep (alat tajam untuk memotong padi), Tikon Serule (tongkat dari batang Serule), benyang semacam menara dari bambu untuk munangin, sebuah proses pemisahan butiran padi yang berkualitas baik.

Masing-masing tim nampaknya saling merahasiakan persiapan tim masing-masing. Keempat tim tersebut ingin sebagai pemenang dalam lomba tersebut. Para orang tua (kakek dan nenek) turut serta dalam semua proses tersebut bahkan melatih Noling, Mujik, Mujes, Mugerbol dan sejumlah proses lainnya kepada putra-putri mereka yang dipilih sebagai anggota tim.

Berikut foto-foto yang berhasil direkam Khalisuddin, redaktur pelaksana Lintas Gayo seputar persiapan peserta lomba Noling tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.