Musik Male-male Akan Tampil dalam Festival Musik Bambu

Takengon | Lintas Gayo – Musik “Male-male” merupakan inti dari pertunjukan Festival Musik Bambu Gayo 2012 yang diselenggarakan oleh Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Aceh Tengah bekerjasama dengan beberapa pihak diantaranya, Balai Pelestarian Nilai Budaya (BNPB) Banda Aceh, Formi Aceh, Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh tengah, yang digelar, Sabtu (17/11/2012) di Gedung Olah Seni Takengon.

Acara yang dikemas dengan nama kegiatan Inilah Gayo 3 ini, akan menampilkan atraksi musik bambu dengan arranger seniman muda Gayo Irvan Ceh Kul yang akan dimainkan oleh Komunitas Budaya Lintas Gayo.

Menurut Irvan Ceh Kul, Rabu (14/11/2012), genre yang dimainkan dalam musik tersebut tergolong kedalam world musik, yang digarapnya sebulan yang lalu. “Kami menamakanya dengan musik Male-male,kata Irvan.

Irvan menambahkan, alat musik yang dimainkan yang kesemuanya terbuat dari bambu itu dipadukan dengan nyanyian-nyanyian serta teatrikal tersebut akan menambah harmonisasi dalam musik tersebut.

“Alat yang kami pakai mungkin tak asing lagi ditelinga masyarakat khususnya Gayo, mulai dari Soling Ines, Teganing dan Gerantung,” tambah Irvan.

Sementara itu, pengamat seni dan budaya Gayo, Salman Yoga S yang juga merupakan panitia pengarah kegiatan tersebut, disela-sela latihan yang dikomandoi Irvan, mengungkapkan kekagumannya kepada kelompok musik bambu oleh Komunitas Budaya Lintas Gayo tersebut.

Menurutnya, aliran yang terdapat dalam garapan musik tersebut memiliki etnisitas yang tinggi, dilain itu juga, expresi nilai budaya yang dimainkan begitu kental. “Dengan memainkan bahasa ibu, maka tercipta simple culture for high culture,jelas Salman.

Salman juga mengajak kepada masyarakat diseputaran Takengon dan Bener Meriah untuk menyaksikan festival yang baru pertama kali digelar itu.

Disamping itu, sekretaris panitia Illiyandi mengatakan, sebelum digelarnya malam puncak Festival Musik Bambu, terlebih dahulu akan dilaksanakan lomba meniup Soling untuk tingkat remaja dan dewasa di siang harinya.

“Hingga saat ini, panitia masih membuka pendaftaran untuk lomba ini, jika ada yang berminat dapat mendaftarkan diri langsung ke kantor Formi Aceh Tengah, di jalan Mahkamah No 5 Wapres Cafe Takengon, pendaftaran masih dibuka hingga hari Jum’at mendatang”, pungkas Illiyandi.(Darmawan Masri/red.04)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.