Minggu Ini Ada Pembersihan Danau Lut Tawar Massal

GBM-Danau-Lut-Tawar

Takengon | Lintas Gayo – Setelah melakukan sejumlah kegiatan dalam upaya mendongkrak angka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Aceh Tengah dengan menggelar beberapa even seni, budaya dan olahraga sejak awal tahun 2013 lalu.

Akhir bulan ini, tepatnya Minggu 28 April 2013Ā  Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga bersama sejumlah elemen menggagas Gerakan Massal Pembersihan Danau Lut Tawar yang berbarengan dengan lomba Desa Sapta Pesona di sputar danau tersebut.

Kepada Lintas Gayo, Kepala Disbudparpora Aceh Tengah, Karimansyah. I, SE, MM, Jumā€™at 26 April 2013 menyatakan kegiatan ini akan diikuti oleh masyarakat kampung yang berada di sekitar Danau serta para relawan.

Gagasannya diangkat untuk membangkitkan kepedulian masyarakat untuk melestarikan keindahan Danau Lut Tawar sebagai salah satu kawasan wisata handal di Provinsi Aceh. Kata Kadisbudparpora.

ā€œSejumlah kampung yang berada di pesisir Danau akan saling berlomba menjadi yang terbaik dalam hal Sapta Pesona yang meliputi Aman, Tertib, Indah, Nyaman, Sejuk, Ramah dan Kenangan. Dewan juri akan menilai hingga 3 Mei 2013 mendatang,ā€ terang Kadisbudparpora.

Sebagai hadiahnya, kata Karimansyah, telah disediakan hadiah senilai Rp.25 juta yang akan dibagikan kepada pemenang pada acara puncak di Pante Menye Bintang, Minggu 5 Mei 2013. ā€œDalam acara ini juga akan digelar berbagai lomba permainan tradisional anak Gayo dan lomba memasak serta pementasan seni budaya Gayo,ā€ kata Karimansyah.

Lebih jauh dijelaskan, bagi para relawan yang ingin ambil peran dalam gerakan pembersihan ini dapat berkumpul di Simpang KKA kampung Mendale Kecamatan Kebayakan, Minggu 28 April 2013 sekira pukul 08.00 WIB dan akan melakukan pembersihan sampah disepanjang jalan menuju arah Kecamatan Bintang.

ā€œPara relawan yang hadir bersama organisasi, boleh juga memilih lokasi yang akan dibersihkan dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan aparat pemerintahan kecamatan dan kampung setempat,ā€ kata Karimansyah.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dengan Forum Penyelamatan Danau Lut Tawar (FPDLT) dengan dukungan para mahasiswa Universitas Gajah Putih Takengon yang sedang melakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) di perkampungan seputar Danau Lut Tawar serta sejumlah elemen sipil lainnya. (LG003)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.