Pramuka Sabtu Minggu Digelar di RSMA N BI 4 Takengon

Takengon | Lintas Gayo – Guna membina hubungan silaturrahmi dan menghilangkan diskriminasi atau perbedaan sesama anggota Pramuka serta meningkatkan rasa kebersamaan, Rintisan Sekolah Menengah Atas Negeri Bertaraf Internasional (RSMA N BI 4) Takengon Aceh Tengah  pada 29 sampai dengan 30 september 2012 mengadakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di halaman sekolah tersebut.

Ketua Panitia kegiatan Persami, Rengga Pamungkas dalam laporannya Sabtu 29 September 2012 menyampaikan peserta Pramuka RSMA BI 4 yang mengikuti acara ini sebanyak 33 peserta/ terdiri dari 15 orang putra dan 18 putri.

Dirincikan, selain Persami yang mengasah ketangkasan Kepramukaan  dalam kegiatan yang berlangsung 2 hari satu malam tersebut mencakup kegiatan pelantikan dewan ambalan priode 2012-2013 RSMA BI 4 Takengon.

Masih dalam laporan ketua Panitia kegiatan Rengga Pamungkas, kegiatan Persami juga dirangkai dalam bentuk penyelesaian misi berupa pemecahan teka teki dan soal yang terdapat di Pos yang sudah dipersiapkan panitia.

Kegiatan bakti juga dilakukan dengan memetik dasa dharma ke dua yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

Upacara pembukaan Persami dihadiri sejumlah anggota Gudep Pramuka di Aceh Tengah/ seperti Gudep Pramuka SMAN 11/ SMAN 5, SMAN 1 dan SMAN 2 Takengon.

Sementara itu, Wakil kepala sekolah bagian kesiswaan RSMA BI 4 Takengon, Arjuna Kadir S Ag dalam arahannya menyampaikan kalaulah seluruh anggota Pramuka mengamalkan tri satya dan dasa darma maka dunia ini akan damai dan sejahtera.

Menurutnya tri satya dan dasa darma memiliki makna yang mendalam dan pantas dijadikan pegangan bagi generasi muda untuk berbuat kebaikan.

Mengingat tri satya dan dasa darma mencakup menjalankan kewajiban terhadap Tuhan dan NKRI, menolong sesama makhluk hidup, cinta alam, rela menolong, disiplin bertanggung jawab dan suci dalam pikiran perkataan dan perbuatan.

Atas cakupan itulah wakil kasek bagian kesiswaan RSMA 4 BI Takengon ini yakin bila benar benar diamalkan membawa dampak positif yang luar biasa.

Atas kegiatan ini, Pelaksana Tugas (Plt) ketua  Dewan kerja Cabang (DKC)  Pramuka Aceh Tengah, Riyan Satiran berharap kegiatan pramuka terus digalakkan di sekolah mengingat sudah ada instruksi Presiden Undang-undang RI No.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka yang terbukti dengan Pramuka jiwa mandiri dan kreatif pasti dimiliki seorang anggota Pramuka. (LG008/Red.03)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.