by

Berapa Dana Untuk Semuanya? Cash For Work Saja Capai Rp 35Milyar!

tim Lintas Gayo, memperlihat buku data korban gempa yang sangat tebal. di dalamnya terdata nama korban gempa. (Foto Zan.KG)
tim Lintas Gayo, memperlihat buku data korban gempa yang sangat tebal. di dalamnya terdata nama korban gempa. (Foto Zan.KG)

Takengen| Lintas Gayo– Walau bantuan gempa dalam bentuk cash for work, hanya Rp 50 ribu perhari dan dihitung untuk satu bulan, nilainya yang diterima masyarakat puluhan milyar. Bila semua dikatagorikan rusak ringan.

 Bagaimana bila disesuaikan dengan klasifikasi kerusakan? Lintas Gayo yang mendapatkan data jumlah korban dalam amukan gempa ini, khususnya untuk Aceh Tengah, mengutak-atik angka Cash For Work (CFW) yang akan diterima masyarakat, nilainya mencapai Rp 35 milyar, belum lagi untuk Bener Meriah.

 Bila dikalikan rusak ringan semuanya, dari data korban di Aceh Tengah 15.371 kk (rumah) yang rusak, akan mendapatkan dana CFW Rp 1.500.000.-  Nilai yang dikeluarkan pemerintah mencapai Rp 22,5 milyar.

 Bagaimana bila dikalikan sesuai klasifikasinya, tergantung jenis kerusakan, dimana rusak berat dan sedang dihitung selama dua bulan untuk mendapatkan CFW (Rp 3 juta). Angkanya akan semakin bervariasi.

 Untuk rusak berat dan sedang mencapai 7.956 unit rumah ( rusak berat 5.304 untuk rusak sedang 2.654 unit). Angka 7.956 bila dikalikan dengan Rp 3 juta, pemerintah harus menyediakan dana Rp 23.868.000.000. Angka yang fantastis.

 Untuk rusak ringan tercatat 7.415 unit, mereka akan mendapatkan Rp 1,5 juta. Dengan demikian untuk rusak ringan bagi kabupaten Aceh Tengah saja nilainya mencapai Rp 11.122.500.000.-   Bila dijumlah rusak berat dan sedang ditambah ringan, nilai yang harus dipenuhi pemerintah mencapai Rp 34.990.000.000. sedikit lagi mencapai Rp 35 milyar.

 Angka yang luar biasa itu baru dikalikan dengan Rp 1,5 juta dan Rp 3 Juta. Bagaimana dengan bantuan perumahan yang nilainya mencapai Rp 40 juta (berat), sedang Rp 20 juta dan ringan Rp.10 juta (sesuai dengan janji presiden saat mengunjungi musibah gempa Gayo).

 Berapa angkanya? Penulis jadi takut mengalikannya. Untuk CFW saja bagi Aceh Tengah harus ada dana mendekati Rp 35 milyar. Bagaimana bila dikalikan  Rp 10 juta untuk rusak ringan dan Rp 20 juta (sedang) Rp 40 juta( berat) Berapa angkanya???

 Belum lagi honor tim ini dan itu. Gempa Gayo memang sudah menguras segala-galanya.  Dalam suasana duka dan perih 2 Juli 2013 ini, ternyata tuhan memberikan rejeki kepada manusia untuk diperhatikan pemerintah. Baik sebagai tim dan kegiatan lainnya. Yang pasti dana untuk Gempa Gayo cukup besar. Berapa????? (Zan.KG)

 

 

Comments

comments

News