by

Tari Saman Gayo Lues Live dari RCTI, Tanpa Dihadiri Pemda

Malang| Lintas Gayo– Tari saman kolaborasi dengan dididong nalo dan tari turun ku aih aunen akan kembali tampil dalam acara Gebiyar Nusantara Kota Batu yang akan ditarikan oleh anggota Igayomu yang berada di Kota Malang pada hari jumat 17 Mei 2014 pukul 19.00 wib.

Dalam acara ini seluruh budaya nusantara akan ditampilkan oleh seluruh daerah di Indonesia. Mulai dari kuliner sampai tari tradisional yang akan dibawakan oleh masing-masing kontingen penjuru Indonesia. Kemudian, acara ini dihadiri oleh pemerintah daerah mulai dari kepala dinas pariwisata, bupati dan gubernur seluruh kontingen.
Namun, peserta tari tradisional dari Gayo Lues merasa kecewa. Karena, tanpa dihadiri oleh pemerintah kabupaten Gayo Lues baik kepala dinas pariwisata, Bupati dan Gubernur Aceh. Sementara surat undangan dari Igayomu dan pemerintah Kota Batu telah dilayangkan beberapa waktu yang lalu. Tapi sayang penampilan tari kebanggaan Gayo Lues yang sudah dikenal dunia tanpa dihadiri oleh orang tua kita sebagai penyelenggara pemerintah daerah.

Walaupun begitu, kami dari tanah rantau yang jauh dari pusat peradaban budaya Gayo tetap melestarikan budaya Gayo mulai dari bahasa yang tidak pernah menggunakan bahasa Indonesia selama dalam perkumpulan di Gayo Lues. Hal ini kami harapkan supaya dalam belajar tari saman tetap menggunakan bahasa Gayo yang fasih dan benar.

Namun, kami sedikit mengharapkan perhatian pemerintah daerah untuk mengunjungi kami yang berada di Kota Malang dalam rangka memotivasi menguatkan dan melestarikan budaya Gayo di tanah perantauan. Karena pemerintah daerah selama ini belum pernah mengunjungi keberadaan kami di Kota Malang. (Relis)

Comments

comments