by

Masa Tenang, KPU-Bawaslu Minta Atribut Kampanye Cepat Dibersihkan

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengingatkan kedua kubu pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk membersihkan alat kampanye di ruang publik. 

Hal ini menyusul masa tenang kampanye yang berlaku sejak pukul 00.00 WIB, Minggu (6/7/2014). “Hari ini kita mulai memasuki masa tenang, di mana idealnya seluruh alat peraga masing-masing pasangan calon sudah dibersihkan oleh tim kampanye masing-masing pasangan tersebut,” kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di Mabes TNI Angkatan Darat, siang tadi. 

Menurut Husni, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi juga telah mengirimkan surat kepada seluruh gubernur, bupati, hingga wali kota untuk membantu proses pembersihan atribut kampanye di ruang publik. 

Hal senada disampaikan Sekjen Bawaslu, Gunawan. Menurut dia, pembersihan alat peraga di ruang publik merupakan tugas utama tim kampanye. 

Gunawan meminta pembersihan tersebut dilakukan dengan tertib untuk menjaga situasi tetap kondusif. “Itu penting untuk pembelajaran demokrasi. Penertiban akan menunjukan apakah tim kampanye sudah berjiwa demokrasi atau tidak,” kata dia. 

Husni menambahkan, masa tenang juga sebaiknya digunakan untuk sosialisasi kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada 9 Juli 2014. 

Ia juga berharap masyarakat dapat ikut berpartisipasi mengawal hingga proses perhitungan suara agar pilpres berlangsung jujur dan adil. (Kompas.com)

Comments

comments

News