by

Tengah Malam, Jokowi Tunaikan Umrah

Jeddah – Berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (6/7/2014) pagi, calon presiden Joko Widodo langsung menunaikan ibadah umrah di Tanah Suci Mekah, Arab Saudi, pada Minggu tengah malam waktu setempat.       

Jokowi umrah bersama sang istri, Iriana, dan kedua anak mereka, Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu. Mereka didampingi mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi dan istri, serta anggota tim kampanye nasional Jokowi-Jusuf Kalla seperti Ahmad Basarah, Akbar Faisal, dan Marwan Ja’far.          

Rombongan bertolak dari Bandara Soekarno Hatta Cengkareng pada pukul 11.30 WIB dan tiba di Bandara King Abdul Azis Jeddah, Arab Saudi, sekitar pukul 17.00 waktu setempat atau pukul 21.00 WIB. 

Saat melepas rombongan, Anies Baswedan, juru bicara tim kampanye nasional Jokowi-Jusuf Kalla, menyebutkan umrah Jokowi bukan bagian dari agenda politik. Jokowi, kata Anies, memang ingin umrah pada bulan Ramadhan.            

Jokowi mengenakan baju koko putih, celana panjang hitam, peci hitam, dan memakai sandal. Adapun Iriana dan putrinya mengenakan baju Muslim putih dengan hijab warna senada. 

Selepas dari bandara, rombongan kemudian transit di Hotel JW Marriot Jeddah untuk makan malam dan mengenakan kain ihram, kain putih yang dikenakan kaum lelaki Muslim yang beribadah haji atau umrah.

Saat berita ini ditulis, rombongan Jokowi sedang berada di bus menuju Makkah. Rencananya, Jokowi beserta rombongan memulai umrah sekitar pukul 23.30 hingga pukul 03.00 waktu Makkah. Sebelum memulai umrah didahului shalat tarawih di Masjidil Haram.          

Pembimbing umrah Jokowi dan rombongannya, KH Faisal Mahmud, mengatakan, Jokowi mengaku menunaikan umrah karena ingin rehat sejenak dari aktivitas politik dengan mencari ketenangan dan ridha Allah di Tanah Suci. 

Menurut rencana, Jokowi dan rombongan akan terbang kembali ke Tanah Air pada Senin (7/7/2014) malam waktu setempat dan tiba di Indonesia pada Selasa (8/7/2014) pagi. (Kompas.com)

Comments

comments

News