by

Uning Mas, Bener Meriah Banjir Bandang, 17 KK Diungsikan

Bongkahan kayu dan Lumpur yang diakibat banjir bandeng (Foto:Lg)
Ilustrasi banjir bandang. Bongkahan kayu dan Lumpur yang diakibat banjir bandeng (Foto:Lg)

Redelong | Lintas Gayo –Sungai kecil yang membentang di tengah perkampungan Uning Mas, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah meluap sekira pukul 03:00 WIB dini hari, Sabtu (4/10/2014), membuat rumah milik 17 Kepala Keluarga (KK) digenangi air dan masyarakat pun mengungsi.

Meluapnya air sungai tersebut akibat hujan deras yang terus-menerus di dataran tinggi gayo, sehingga sungai kecil itu tidak mampu membendung limpahan air dari gunung dan menggenang masuk ke rumah warga, air tersebut juga membawa balok dan potongan kayu dari hulu sungai, demikian sebut Kepala BPBD Bener Meriah Ir. Armaeda kepada LeuserAntara.com. Sabtu (4/10).

Menurut Armaeda, 17 KK tersebut sudah mengungsi ke rumah warga lainnya di kampung yang sama.”Tidak ada korban jiwa dan kami dari BPBD serta Dinas Sosial telah mengirimkan bantuan makanan ke sana,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, saat ini genangan air tersebut sudah susut dan sebagian warga yang mengungsi sudah membersihkan rumah mereka, bahkan ada juga yang kembali ke rumahnya.

Dari pantauan LeuserAntara.com, gunung di sekita Kampung Uning Mas sudah tidak memiliki hutan lagi, karena maraknya pembukaan hutan untuk kebun dan pembalakan liar. Sehingga potensi banjir bandang dan longsor akan terus terjadi bila warga di daerah tersebut tidak menjaga hutan mereka. (Red/Bro/ Leuser Antara. Com)

Comments

comments

News