by

Banjir Rendam Barat Selatan Aceh, Pemerintah Kirim Bantuan Masa Panik

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri yang diterima langsung oleh Bupati Aceh Jaya, Irfan TB
Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri yang diterima langsung oleh Bupati Aceh Jaya, Irfan TB

Banda Aceh | Lintasgayo.com – Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh menyalurkan bantuan masa panik berupa sandang pangan  untuk masyarakat terdampak banjir di sejumlah daerah di pantai barat seralatan Aceh, diantaranya Aceh Jaya, Aceh Barat dan Aceh Selatan, Kamis (30/7/2020).

Bantuan untuk Aceh Jata dan Aceh Barat diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Aceh Drs Alhudri MM yang diterima secara simbolis oleh masing-masing bupati di daerah tersebut, Irfan TB dan Ramli MS. Sementara bantuan masa panik untuk Kabupaten Aceh Selatan, diserahkan oleh Kepala Seksi Perlindungan Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinas Sosial Aceh, Yanyan Rahmat yang juga diterima oleh Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran di halaman kantor bupati setempat.

Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam arahan yang disampaikan oleh kepala Dinas Sosial Aceh mengatakan, saat ini curah hujan di Aceh masuk dalam kategori tinggi, oleh karena dia menghimbau kepada seluruh kepala daerah untuk tetap waspada, terutama daerah rawan bencana alam, baik banjir luapan, tanah longsor maupun banjir bandang.

“Dari Pemerintah Provinsi Aceh tidak ada pandang bulu dalam membantu setiap musibah bencana yang melanda daerah, kami pemerintah provinsi berkewajiban untuk memastikan kehadiran negara dalam berbagai situasi di tengah masyarakat,” ujar Alhudri.

Kepada kepala daerah, Alhudri meminta kepada kepala daerah untuk tidak lengah dalam kondisi darurat bencana alam, dan harus aktif berkomunikasi dengan pemerintah provinsi.

“Kami dari Dinas Sosial Aceh selalu siap turun kelapangan dalam berbagai kondisi, agar masyarakat yang berdampak bencana alam bisa dengan segera memperoleh bantuan masa panik,” sambungnya.

Sementara itu Bupati Aceh Jaya Irfan TB kepada wartawan mengatakan, pihaknya baru saja mendapat bantuan berupa sandang dan pangan dari Pemerintah Aceh melalui Dinas Sosial Aceh. Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya menurut Irfan TB akan terus selalu siaga, selain itu bagaimana persiapan pemerintah kabupaten dalam menghadapi masa panik apalagi curah hujan yang cukup tinggi, dan cuaca ekstrim.

“Kami akan terus memonitor terhadap perkembangan di lapangan, apabila ada pengungsi inilah sandang dan pangan yang baru saja dibantu oleh pemerintah provinsi baik oleh Dinas Sosial Aceh maupun oleh BPBA,” katanya.

Bupati Aceh Barat dalam kesempatan itu mengucapkan terimakasih atas batuan masa yang diberikan Pemerintan Aceh. “Kami Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan, semoga dapat berguna bagi warga kami yang terimbas bencana,” katanya.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Aceh, dan akan segera kita salurkan bantuan ini kepada masyarakat, apalagi ini dalam suasana meugang,” ujarnya. (PR/FG)

Comments

comments