by

Kodim 0119/BM Selenggarakan Lomba Tari Guel Kreasi

Redelong | Lintasgayo.com – Komando Distrik Militer (Kodim 0119/BM selenggarakan lomba Tari Guel kreasi tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) sederajat, para kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) kreatif.

Acara ini diselenggarakan selama 2 hari, yang dimulai hari Jumat hingga Sabtu di Aula Markas Kodim 0119/BM, di Kampung Wonosobo, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah. Sabtu 17/10/2020.

Dandim 0119/BM Letnan Kolonel Inf Valyan Tatyunis didampingi Ketua Persit Cabang XXV Kodim 0119/BM Ny.Dewi Valyan menyampaikan ucapan selamat datang peserta lomba Tari Guel Kreasi Di Markas Kodim 0119/BM dalam Komsos kreatif.

“Kita mengusung tema melalui kegiatan komsos kreatif kita membentuk SDM kreatif, Inovatif dan adaftif,” kata Valyan Tatyunis.

Menurutnya, rencana ini juga akan diikut sertakan untuk SLTA sederajat semua. Namun di tengah wabah Covid-19 yang melanda wilayah kita sehingga dibatasi hanya beberapa SLTA saja yang kita ikut sertakan guna mencegah penyebaran virus tersebut.

“Dalam hal ini juga Kodim 0119/BM akan mewadahi dan mendukung budaya dan adat istiadat serta kearifan lokal yang ada di wilayah Bener Meriah,” Kata Valyan Tatyunis.

Lebih lanjut Valyan Tatyunis, kepada para peserta lomba untuk menjunjung tinggi sportifitas dan menerima hasil akhir dari penilaian tim juri yang akan menilai secara objektif, selektif dan netral agar hasil akhir sesuai dengan katagori yang dilombakan. Pesannya.

Ia berharap dengan adanya lomba Tari Guel kreasi Ini dapat melestarikan budaya lokal, serta menciptakan generasi muda yang kreatif, Inovatif dan adaftif guna mencari bibit sehingga Budaya Gayo khususnya mampu menghadapai tantangan era globalisasi kedepan.

Sementara Dewan Juri Ramlani SE, mengungkapkan, secara keseluruhan peserta lomba harus menampilkan kemampuan yang layak, bagus serta kompak di depan dewan juri. Tentunya dalam suatu perlombaan ada sebagai juara nantinya setelah penilaian yang cukup panjang dan netral.

Lanjutnya, maka dewan juri memutuskan sebagai juara I SMAN 1 Bukit, Juara II SMAN Unggul Binaan, Ke III SMAN 1 Bandar, harapan I SMAN 3 Timang Gajah, Harapan II SMAN 1 Permata, Harapan III SMAN 2 Timang Gajah, untuk hadiah berupa Mendali, Tropi, Sertifikat dan Uang pembinaan.

“Kita berharap kepada tim yang juara jangan Berbesar hati dan berhenti untuk mengasah kemampuan, pertahankan dan tingkatkan hasil yang telah di capai, yang belum dapat juara agar tidak berkecil hati, lomba ini bukan akhir dari kreasi, masih ada kedepannya waktu untuk tampil,” ujar Ramlani. (Putra Mandala/FG)

Comments

comments