by

Sekda Haili Yoga: Bisnis Pariwisata Semakin Menjanjikan

 

Redelong | Lintasgayo.com – Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang diwakili oleh Sekda Drs. Haili Yoga, M.Si membuka kegiatan peningkatan sumber daya manusia bidang keparawisataan pelatihan manajemen homstay tahun anggaran 2020.

Acara tersebut diikuti 44 orang yang diselenggarakan oleh dinas Pariwisata dan Kebudayaan di Gedung Empu Beru, Komplek Perkantoran Pemda, Serule Kayu, Kecamatan Bukit, Bener Meriah. Selasa 03/11/2020.

Bupati Bener Meriah, yang disampaikan oleh Sekertaris Daerah Drs.Haili Yoga  menyampaikan, saat ini bisnis pariwisata semakin menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian daerah. Salah satu daya tarik wisata yang berkembang saat ini adalah wisata pedesaan atau desa wisata.

“Kita mengetahui bahwa Bener Meriah ini memiliki banyak kawasan pedesaan dengan karakteristik khusus yang bisa untuk menjadi daerah tujuan wisata, yaitu keindahan pegunungannya dan tentunya hamparan kebun kopi yang tersebar luas di dataran tinggi gayo ini,” ungkapnya.

Kemudian dengan adanya Homestay merupakan pasar yang potensial dan efektif dalam meningkatkan pendapatan asli daerah. Apalagi Homestay yang akan kita bangun memiliki karakteristik yang unik, yaitu berada di areal perkebunan Kopi serta dekat dengan Bandara.

“Adanya Homestay ini merupakan daya tarik tersendiri ditambah fasilitas pendukung lainnya yang disajikan menyatu dengan tradisi masyarakat lokal Gayo tentu sangat menarik. oleh karena itu kami sangat mendukung adanya pelatihan manajemen Homestay ini,” ungkapnya

“Kami yakin pelatihan manajemen Homestay ini mampu memberikan pengetahuan, dan keterampilan masyarakat dalam memberikan layanan Homestay di desa wisata dalam Kabupaten Bener Meriah,” lanjutnya.

Dalam hal pelatihan manajemen Homestay ini mudah-mudahan dapat memberikan pengetahuan tentang pengelolaan homestay, daya jual Homestay serta bagaimana memberdayakan Homestay yang berstandar tinggi sehingga dapat menarik wisatawan lokal maupun asing. Tutup Haili Yoga.

Sementara itu Kepala Dinas Parawisata Kabupaten Bener Meriah Irmansyah, S.STP. MSP dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan peningkatan sumber daya manusia dibidang kepariwisataan dan pelatihan manajemen homestay Kabupaten Bener Meriah.

Menurut Irmansyah bahwa pelaksanaan ini tahun anggaran 2020 dan terselenggara atas dasar peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kretaif Republik Indonesia  nomor 8 tahun 2020 tentang petunjuk teknis  penggunaan dana alokasi khusus non fisik dana pelayanan kepariwasataan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai proses dan tata kelola Homestay yang saat ini sedang ditumbuh kembangkan. Maka dari itu kita ikut serta mengkonsep manajemen Homestay agar memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat sekitar.

Disamping itu kita meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pengelolaan homestay. Sebelumnya kami juga sudah mengadakan kegiatan pelatihan tata kelola destinasi wisata yang diikuti oleh para pengelola destinasi wisata yang berada di Kabupaten Bener Meriah.

Khusus untuk acara pelatihan manajemen homestay ini diikuti oleh 44 peserta dari pokdarwis dan masyarakat pelaku usaha homestay dari 19 kampung pengelola destinasi wisata dalam Kabupaten Bener Meriah. Terang Irmansyah.

“Kita berharap melalui pelatihan ini semoga seluruh peserta dapat memahami pentingnya manajemen Homestay dalam menarik wisatawan datang, bukan cuma pembangunan fisik Homestay semata,” lanjutnya.

Semoga kedepannya juga kita terus berbenah, sekaligus melengkapi Atraksi, Fasilitas, Transportasi  dan keramah tamahan daripada masyarakat untuk dapat mendorong minat wisatawan untuk datang ke Bener Meriah.(Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News