by

Bibinsa Dampingi Petani Panen Kentang Di Kampung Suku Sara Tangke

Redelong | Lintasgayo.com – Serda Herdianto Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Permata Kodim 0119/BM mendampigi warga binaanya memanen kentang di Desa Suku Sara Tangke Kecamatan Permata, Bener Meriah. Senin 09/11/2020

Danramil 05/Permata Kapten Inf Jan Suhardi, bahwa pemanenan kentang ini berada di kampung Suku Sara Tangke,  Kecamatan Permata, lahan milik dari Sirwan yang ditanam dilahan seluas 10 Rante dengan jumlah bibit 700 kilogram, bisa mencapai hasil panen 15 ton.

Menurut pengakuan dari warga kepada Babinsa kita di kampung tersebut bahwa jenis bibit kentang  yang ditanam Geranola (G3), ini tidak terlepas dari program pemerintah dalam pananggulangan ketahanan pangan, tetapi dikelola pribadi oleh warga.

“Dapat kita katakan ini juga dalam rangka mensukseskan swasembada pangan, karena masalah ini tidak harus dengan tanaman Padi, Jagung dan Kedelai saja, akan tetapi di sesuaikan dengan kondisi daerah atau wilayah,” ujarnya.

Maka dari itu kita dari unsur TNI Angkatan Darat sesuai dari Komando atas untuk tetap mendampingi warga dalam swasembada pangan terhadap  petani, yang terpenting adalah bisa menghasilkan produk dan hasil maximal.

Sehingga bisa mencukupi kebutuhan pangan dan tidak tergantung terhadap satu jenis tanaman saja. Yang dapat membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat kedepanya bisa lebih baik.

“Kita selalu siap mendukung dan membantu untuk mensukseskan para petani, dengan cara mengoptimalkan peran Babinsa di wilayah dan terus berkoordinasi dengan pihak terkait demi suksesnya program swasembada ketahanan pangan ini,” lanjutnya.

Selanjutnya Sirwan Aji, sebagai pemilik daripada lahan panen kentang tersebut megungkapkan, sangat berterima kasih kepada Babinsa yang telah membantu dan selalu mendukung program daripada warga dan membina petani khususnya di kampung Suku Sara Tangke ini.

Lebih lanjut Sirwan menyampaikan bahwa kami menanam kentang ini dengan bibit berjumlah 700 kg, di lahan seluas 10 rante, dengan gigih dan pemeliharaan yang terbatas, Alhamdulilah keluar hasilnya 15 ton sesuai yang diharapkan. Tutupnya.(Putra Mandala/FG)

Comments

comments

News