by

Forkopimcam Launching Rumah Gizi Gampong Dan Peduli Stunting di Polindes Jelobok

Redelong | Lintasgayo.com – Komandan Koramil 05/Permata Kapten Inf Jan Suhardi menghadiri Launching rumah gizi gampong dan peduli stunting yang digelar di Polindes Jelobok Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah. Jumat 27/11/2020

Dalam kesempatan tersebut Danramil 05/Permata Kapten Inf Jan Suhardi mengatakan bahwa Launching tersebut bertujuan agar para perangkat kampung, stakeholder, pihak Forkopimcam secara bersama – sama mencegah Stunting (Gizi Buruk).

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak baik pertumbuhan tubuh maupun otak akibat dari kekurangan gizi dalam waktu yang lama.

Sehingga anak lebih pendek atau perawakan pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir, umumnya di sebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Lanjutnya

Menurut Jan Suhardi, faktor lingkungan sangat berperan dalam menyebabkan perawakan pendek antara lain status gizi ibu, tidak cukup protein dalam proporsi total asupan kalori, pola pemberian makan kepada anak, kebersihan lingkungan dan angka kejadian infeksi di awal kehidupan seorang anak.

Selain faktor lingkungan, juga dapat di sebabkan oleh faktor genetik dan hormonal, akan tetapi sebagian besar perawakan pendek disebabkan oleh malnutrisi. Hal ini dapat di cegah dengan cara mengkonsumsi Protein.

“Maka dari itu protein sangat mempengaruhi pertambahan tinggi dan berat badan anak di atas enam bulan, anak yang dapat asupan protein 15% dari total asupan kalori yang di butuhkan terbukti memiliki badan lebih tinggi, di bandingkan anaka dengan asupan protein 7,5% dari total asupan kalori,” Kata Jan Suhardi.

Kegiatan launching ini dapat mencegah stunting pada anak-anak usia dini (pertumbuhan) khusunya diwilayah Permata. Tutupnya

Hadir dalam kegiatan Camat Permata M. Daud Wih ilang, S.E, Kapolsek Iptu Yulizan, Kepala Puskesmas Nurmawati, SST, Kadis Kesehatan diwakili Khairuddin, Babinsa, Bedel Desa Jelobok Nahidi, Bidan Puskesmas dan siswa SD. (Putra Mandala)

Comments

comments

News