by

Perlombaan Arung Jeram Piala Bupati dan Pra PORA di Takengon

Takengon| Lintasgayo.com–  Aceh Tengah dijadikan tuan rumah dalam seleksi atlet arung jeram yang nanti akan berlaga di PORA Pidie tahun mendatang. Sebelum dilangsungkan even pra PORA Cabor Arung Jeram, terlebih dahulu para atlet se Aceh ini menguji kekuatan di multi event dan single event piala Bupati Aceh Tengah.

Event ini dibuka oleh Gubernur Aceh yang diwakili Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, SDM dan Kerjasama, Drs. Bukhari, Senin (4/10) di Lukup Badak, Aceh Tengah.

“Pemerintah Aceh sangat serius menyiapkan Pekan Olahraga Aceh (PORA) 2022 nanti, sebab event  ini merupakan ajang kompetisi atlet Aceh dalam meningkatkan prestasinya,” ungkap Bukhari.

Untuk itu Bukhari berharap agar para atlet menunjukan kemampuanya, sportif dan menjunjung tinggi nilai persaudaraan.

Dalam event ini, Plt Kadis Pora Aceh Tengah, Zulfan Diara Gayo yang mewakili Bupati Aceh Tengah pada pembukaan ini menjelaskan, olahraga arung jeram merupakan salah satu pusat  motor penggerak Gayo Sport Tourism.

“Gayo Sport Tourism merupakan program yang akan kita jadikan dimana olahraga yang bisa menggerakkan ekonomi masyarakat Gayo dan membuka lapangan pekerjaan,” sebut Zulfan.

Dijelaskan Zulfan, sungai Peusangan telah memberi energi bagi pembangunan PLTA Peusangan dengan nilai investasi lebih dari 6 T rupiah.

“Sungai Peusangan dengan reservoirnya berada di Danau Lut Tawar, menjadi energi yang luar biasa yang harus dimanfaatkan oleh kita. Dan kami menjulilukinya sebagai surganya para rafter,” jelasnya.

Di sungai inilah para atlet arung jeram menguji kemampuanya, bukan hanya merasakan dinginya air, namun menikmatinya bagaimana tantangan arus sambil menunjukan keahlian, jelasnya. ***

Comments

comments