by

Babinsa Dampingi Satgas PMK Vaksin Ternak Wilayah TMMD

Takengon | Lintasgayo.com – Babinsa Koramil 10/Ketol Serka Suyanto bersama dengan Satgas PMK Kabupaten Aceh Tengah melaksanakan penyuntikan vaksin Pencegahan PMK di desa Semelit, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah. Jumat, (29/07/2022).

Babinsa Kampung Semelit Serka Suyanto menghimbau bahwa penyakit ini sangat berbahaya dan mudah menular melalui kontak langsung antara hewan yang tertular dengan hewan yang rentan penyakit melalui leleran lendir hidung, dan serpihan kulit.

“Kepada warga yang memiliki ternak sapi untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya, dan apabila ditemui hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain,” ucapnya.

Lanjutnya, pencegahan penularan PMK ini dapat dilakukan dengan cara mencuci kandang, peralatan, dan bahan-bahan lain yang memungkinkan menularkan PMK dengan deterjen atau disinfektan.

“Ini merupakan salah satu langkah preventif kita bersama Dinas peternakan melalui mantri hewan guna pencegahan dalam penyebaran penyakit PMK yang berdampak pada hewan ternak lainnya walaupun wilayah aceh tegah masih dikatakan zona hijau,” tutupnya. (**)

Editor: Fazri Gayo

Comments

comments