by

Pj Bupati: Badan Pangan Nasional Akan Bantu Wujudkan Konsep Ketahanan Pangan

Redelong | Lintasgayo.com – Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si melakukan kunjungan ke Badan Pangan Nasional di Jalan Harsono RM No. 3, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan. Kedatangan Pj. Bupati tersebut disambut oleh Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional Republik Indonesia Sarwo Edi dan langsung melakukan pertemuan diruang kerjanya, Kamis, (25/8/2022).

Kepada Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional Republik Indonesia Sarwo Edi, Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si yang juga didampingi oleh Anggota DPRK Bener Meriah dari Fraksi PKB Zulham pertama sekali menyampaikan tentang konsep Ketahanan Pangan  di Kabupaten Bener Meriah yang menjadi isu strategis. Kabupaten Bener Meriah, untuk saat sekarang ini, kita mulai dengan tata kelola pasar yang baik, tujuannya adalah untuk menciptakan stabilitas harga komoditi pangan, katanya.

“Kabupaten Bener Meriah untuk saat ini sedang menggalakkan optimalisasi fungsi pasar dan menjalin kerjasama dengan provinsi  yang bertujuan untuk menjaga stabilitas harga produksi pertanian,” ungkap Drs. Haili Yoga kepada Sarwo Edi.

Sambungnya, itu semua kita lakukan dengan pola keroyokan, dalam artian melibatkan seluruh OPD  terkait dan juga termasuk pihak swasta serta lembaga Swadaya Masyarakat. Dengan demikian kami juga sangat membutuhkan dukungan dari pusat, dengan beberapa Kementrian dan termasuk Badan Pangan Nasional, Haili Yoga menyampaikan kepada Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional Republik Indonesia Sarwo Edi.

Mendengar penyampaian dari Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si,  Sekretaris Utama Badan Pangan Nasional Republik Indonesia Sarwo Edi sangat menyambut positif atas langkah-langkah yang sudah di ambil oleh Pj. Bupati Bener Meriah, dan Badan Pangan Nasional siap untuk membantu baik sarana maupun prasarana serta fasilitas penunjang konsep Ketahanan Pangan di Kabupaten Bener Meriah.

“Kita dari Badan Pangan Nasional akan membantu untuk kebutuhan sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang konsep ketahanan pangan di Kabupaten Bener Meriah melalui setiap Deputi yang ada pada Badan Pangan Nasional Republik Indonesia,” tegas Sarwo Edi.

“Sekali lagi, kita Badan Pangan Nasional akan mensuport  dan membantu untuk tata kelola Ketahanan Pangan  yang baik bagi Kabupaten Bener Meriah,” kembali Sarwo Edi meyakinkan Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si.

Masalah Katahanan Pangan,Sarwo Edi menyampaikan, melalui program ketahanan pangan nasional yang meliputi 9 (Sembilan) item pokok ketahanan pangan (beras, jagung, kedelai, gula konsumsi, bawang, telur unggas, daging ruminansia, daging unggas dan cabai-red), dari  kesembiln item tersebut yang mana yang cocok dikembangkan atau bersumber dari Kabupaten Bener Meriah, kita akan memberikan support  dan fasilitasnya, ungkapnya.

Dalam pertemuan itu Sarwo Edi juga menyarankan untuk meniru program ketahanan pangan di Kabupaten Blitar yang dianggap sudah berhasil dan tim  Badan Pangan Nasional akan siap mendampinginya, tutup Sarwo Edi.

Seusai pertemuan tersebut Pj. Bupati Bener Meriah mengatakan, apa yang kita sampaikan kepada Badan Pangan Nasional melalui Sekretaris Utama bapak Sarwo Edi, sangat direspon dengan baik dan sangat positif, ini adalah salah satu kabar baik buat masyarakat Kabupaten Bener Meriah, terutama untuk memperkuat program pemerintah yaitu tentang Ketahanan Pangan. Do’a dan kesungguhan kita serta seluruh masyarakat tentunya sangat kita harapkan, agar apa yang kita rencanakan bisa cepat terealisasi, Insyaallah, pungkas Drs. Haili Yoga, M.Si. (*)

Comments

comments