by

Ini Kinerja Pj Bupati Bener Meriah Triwulan Pertama

Redelong | Lintasgayo.com – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Achmad Marzuki pada hari Kamis, 14 Juli 2022 lalu melantik Drs. Haili Yoga, M.Si menjadi Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah, bersama tiga Penjabat Bupati dan 1 Penjabat Walikota, di Anjong Mon Mata Banda Aceh. Sesuai dengan amanat Pj. Gubernur saat pelantikan, Drs. Haili Yoga, M.Si harus bergerak cepat untuk berbaur dan beradaptasi serta berkolabirasi guna membangun koordinasi dengan semua unsur Fokopimda, Forkopimda Plus begitu dengan pemangku kepentingan di daerah Bener Meriah untuk melakukan berbagai trobosan dan inovasi dalam rangka mempercepat kemajuan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bener Meriah.

Hari Senin (24/10/2022), Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.si memaparkan berbagai program capaiannya yang telah dilakukan bersama jajarannya untuk Triwulan I (14 Juli sampai dengan 14 Oktober 2022) di hadapan tim Kementerian Dalan Negeri Republik Indonesia.

Yang menjadi fokus dari Drs. Haili Yoga, M.Si selaku Pj. Bupati, memang harus berlari kencang, di samping untuk menata Birokrasi dan Pembangunan dengan meningkatkan kualitas aspek pelayanan publik, mendukung pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana perkantoran pemerintah, meningkatkan daya saing infrastruktur daerah, maupun dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan kesejahteraan masyarakat. Tapi yang tidak kalah pentingnya adalah terkait dengan isu strategis nasional yaitu, stunting, inflasi dan kemiskinan.

Berikut adalah Capaian Triwulan I (14 Juli – 14 Oktober 2022) Kepemimpinan Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si.

1. Bidang Pemerintahan

Kesehatan, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, salah satu urusan pemerintahan bersifat wajib, dengan melakukan langkah – langkah baik dengan pemerntah pusat, provinsi maupun dengan lembaga –lembaga lain. Dengan capaian/program dengan anggaran ketersediaan dan pemyediaan anggaran sarana dan prasaran Rp. 46.172.112.986 dengan realisasi pada bulan oktober 2022, 85 persen.Membuat program Kepor data dalam upaya inovasi perbaikan data dalam mendukung program pencegahan dan penanganan stunting, launching Bapak Asuh Anak Stunting (BASS), Vaksinasi Covid-19 (dosis 1=125,90%, Dosis 2=104,20%, Dosis 3=54,20% dan Dosis 4=37,10%. Penanganan Penyakit tidak menular, untuk usia produktif=23%, Hipertensi=14% dan Diabetes Melitus 62%.
Capaian dan program dibangunnya 7 (tujuh) ruang baru dengan total anggaran Rp. 3.190.540.000,- untuk menampung banyak minat masyarakat untuk menempuh pendidikan dasar dan menengah. Memberikan penghargaan bagi sisw/i yang berprestasi, mengadakan pelatihan kader ulama dari setiap kecamatan, pembentukan sekolah Belangi dan melakukan kerjasama dengan berbagai universitas untuk meningkatkan SDM.
Membangun fasilitas pejalan kaki (pedestrian), pengusulan pembangunan Dryport ke Kemenhub RI (Ditjen Perhubungan Darat), pengusulan 14 jembatan ke BNPB serta melakukan dan menjalin kerjasama dengan Kepala Kantor DJKN untuk pengembangan infrastruktur melalui program KPBU.
Pelayanan Publik. Program Anak Lahir Bidan Beri Akte dan Kartu Keluarga (Alib bata), meluncurkan From Digital (pelaporan masyarakat kepad Pj. Bupati (#LAPOR HaYo), menetapkan Petugas Registrasi Kampung (PRK) untuk jemput bola kemasyarakat yang memerlukan adminduk, program Biduk (Buat Izin Usaha ditempat Usaha Kita) dan Komitmen Bersama dengan stakeholder dan pihak RSUD Muyang Kute tentang perbaikan pelayanan rumah sakit Muyang Kute.
Tentang capaian dan program Pj. Bupati Bener Meriah sudah melakukan langkah-langka dalam penyampaian data potensi investasi di Bener Meriah berupa, video profil investasi disetiap stand pameran, menghadiri berbagai talkshow tentang peluang investasi khususnya kopi Gayo, menggunakan medsos dalam pemasaran kopi Gayo, melakukan lelang kopi mandiri secara elektronik bekerjasama dengan DJKN, menjalin komunikasi dengan Kemenkop dan UMKM RI, Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bea Cukai Provinsi Aceh dan PT. Jarum terkait dengan pengembangan investasi di Kabupaten Bener Meriah.
Kepatuhan Kepala Daerah. Sangat resfonsif terhadap isu actual penyelenggaraan pemerintahan daerah, dengan menggelar rapat secara berkala serta berkolaborasi dengan MPU dan Tokoh Agama untuk mengkaji aliran-aliran yang menyimpang. Menjaga etika pribadi dan menjadi suri tauladan sebagai kepala daerah, seperti selalu mengadakan shalat berjema’ah disetiap waktu, ikut menyantuni anak yatim dan fakir miskin dan lainnya. Frekuensi koordinasi bersama Forkopimda dan seluruh instansi vertikal didaerah, serta kepatuhan melaksanakan kebijakan pemerintah baik pusat maupun daerah.
2. Aspek Pembangunan

1. Ketepatan waktu dalam penyusunan dan pengajuan Rancangan Qanun (Perda) tentang perubahan APBK. KUA – PPAS Tahun 2023 telah disampaikan tanggal 13 Juli 2022, 23 Agustus 2022 juga telah tepat waktu dalam penyampaian rancangan perubahan KUA-PPAS Tahun 2022.

2. Menerapkan Prinsip Tata Pemerintahan Yang Bersih dan Baik. Dimana nilai Refomasi Birokrasi Kabupaten Bener Meriah saat ini 66,73 dengan predikat B. Capaian Monitorong MCP pertanggal 31 September 2022 80 persen, internal 55,56% (progress tindak lanjut masih pada semester 1). Kebijakan pencegahan korupsi sudah mengambil langkah-langka dengan menerbitkan produk hukum yaitu, Perbup Pengendalian gratifikasi, Perbup Saber Pungli, Perbup Benturan Kepentingan, Perbup Media Pengaduan (WBS), Perbup Zona Integritas dan Perbup Rencana Pengendalian Kecurangan (Farud).

3. Pengelolaan APBK. Untuk peningkatan PAD, pemkab akan mengaktifkan pusat pasar tradisional dibeberapa kecamatan, membentuk tim percepatan peningkatan PAD, mengusulkan penerbitan dan telah menerima sertifikat SKA Kopi, melakukan rapat rutin dengan SKPK terkait tentang percepatan realisasi PAD. Penjabat Bupati Bener Meriah berkomitmen untuk mengedepankan produk Bener Meriah dalam proses pembangunan.

3. Isu Strategis Nasional

1. Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Melakukan Komunikasi, Informasi dan Edukasi di 10 kecamatan, melakukan Disinsfektan terhadap 100 kandang, selalu mengawasi dengan ketat lalulintas ternak pada 3 pos pintu masuk (Merie Satu, Pintu Rime Gayo dan Buntul Permata), peningkatan daya tahan tubuh ternak terhadap 7.675 ekor ternak dengan realisasi 5.756 ekor serta melakukan vaksinasi terhadap 7.675 ekor dan terealisasi 1.025 ekor.

2. Berdasarkan data dari e-PPGBM Kabupaten Bener Meriah dari tahun 2019 sampai dengan Mei 2022 tercata, 2019 (21,03%), 2020 (19,20%), 2021 (20,50%) dan 2022 (17,20%).

3. Selama Kepemimpinan Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si selama 3 bulan (Triwulan I) 14 Juli s/d 14 Oktober 2022 beberapa inovasi telah diciptakan baik yang sudah berjalan maupun yang masih dalam proses yaitu, Alib Bata kolaborasi dengan BPJS, Sekolah Unggul Belangi, Kepor Data, BAAS (Bapak Asuh Anak Stunting), PRK (Petugas Registrasi kampung), SKA (Surat Keterangan Asal) Kopi, Pengendalian Inflasi, Drayport (Pelabuhan Darat), Desa Devisa, dan SIGAP (Sistem Informasi Gampong).

Merujuk kepada apa yang telah dilakukan oleh Pj. Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si dalam kurun 3 (tiga) bulan terakhir, disadari atau tidak itu merupakan gagasan dan ide cemerlang Drs. Haili Yoga, M.Si yang telah menunjukan integritas dan kapasitas sebagai seorang pemimpin yang paham ilmu kewilayahan dan memahami kebutuhan masyarakatnya mulai dari ibu kota kabupaten sampai kepelosok kampung yang ada di Bener Meriah.

Untuk membangun suatu daerah memang perlu kerja keras dan sungguh – sungguh, juga perlu energi dari semua pihak. Oleh karenanya saran dan kritik yang bersifat membangun memang sangat dibutuhkan sebagai kontrol jalannya roda pemerintahan agar tetap pada jalan yang benar, seperti yang kita cita-citakan bersama. Insyaallah. (*)

Fazri Gayo

Comments

comments