by

DPRK Sahkan KUA dan PPAS-P APBK Bener Meriah 2022

Redelong | Lintasgayo.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bener Meriah  mengetuk palu tanda disahkannya Rancangan Perubahan KUA dan PPAS-P APBK Bener Meriah TA. 2022 pada penutupan sidang paripurna terkait dengan Rancangan KUA dan PPAS-P APBK Bener Meriah TA. 2022 yang dipimpin oleh Ketua DPRK Muhammad Saleh didampingi oleh Wakil Ketua 1 Tgk. Husnul Ilmi, S.Sy dan Wakil Ketua 2 Anwar yang dihadiri langsung oleh penjabat (Pj) Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si diruang sidang utama Dewan setempat, Jum’at, (23/9/2022).

Ketua DPRK Bener Meriah Muhammad Saleh pada pidato penutupannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota DPRK Bener Meriah dan juga kepada Pj. Bupati beserta jajarannya yang telah berkenan hadir dalam penutupan sidang Paripurna membahas KUA dan PPAS-P APBK Bener Meriah TA. 2022.

Lanjutanya, berdasarkan hasil pendapat Banggar (Badan Anggaran) DPRK sebagai dasar dan pedoman dalam menyusun Rancangan Qanun (Raqan) APBK Bener Meriah TA.2022 yaitu mengenai besaran pendapatan daerah, belanja daerah juga pembiayaan daerah, kata Muhammad Saleh.

“Atas usulan saudara Pj. Bupati mengenai KUA dan PPAS-P sudah barang tentu tidak semua yang diusulkan oleh para Satuan Kerja dapat diterima, namun hal yang sifatnya mendesak dan menjadi kebutuhan masyarakat sesuai dengan kemampuan keuangan daerah akan dialokasikan dananya pada APBK Perubahan ini,” ujarnya.

Muhammad Saleh juga mengatakan, seperti yang kami sebutkan tadi, tidak semua ususlam SKPK bisa diakomodir dalam penyusunan peruabahan KUA dan PPAS-P ini yang dituangkan dalam Nota Kesepakatan Bersama antaraPemkab Bener Meriah dan  DPRK Bener Meriah, sehingga KUA dan PPAS-P ini dibahas atau disusun dan sepakati nantinya.

Sedangkan Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si dalam pidatonya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua, Wakil Ketua dan para anggota DPRK Bener Meriah dan kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dalam pembahasan Rancangan Perubahan KUA dan PPAS-P TA. 2022 ini. “Mudah-mudahan semua kerja dan pengabdian kita yang tulus dan ikhlas akan mendapatkan ridho Allah SWT, amin,” kata Drs. Haili Yoga,M.Si.

Drs. Haili Yoga, M.Si  dalam pidato penutupnya juga menyampaikan, bahwa ada beberapa langkah yang telah dilakukan oleh Pemkab Bener Meriah selama dirinya ditunjuk menjadi Pj. Bupati Bener Meriah yaitu, 1). Memperjuangkan Penerbitan Surat Keterangan Asal (SKA) Kopi yang  telah lama dinantikan, dengan disahkannya penrbitan SKA ini, diharapkan Bener Meriah akan mendapat suntikan Dana Insentif Daerah (DID).

2). Dalam penanganan stunting hingga bisa berkurang, dimana Pemda Bener Meriah melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam penanganan stunting dengan berbagai strategi seperti orang tua asuh, kolaborasi dengan TNI, DPRK Bener Meriah. Sehingga beberapa hari yang lalu kami berkesempatan menjadi narasumber untuk memberikan contoh baik bagi 12 Kabupaten/Kota di Aceh dalam penanganan stunting dan insyaallah dalam beberapa hari mendatang kami juga akan menjadi narasumber baik bagi 11 Kabupaten/Kota di Aceh lainnya dalam penanganan stunting.

“Hal ini menjadikan Kabupaten Bener Meriah akan diadopsi secara nasional dalam penanganan stunting karena untuk Aceh sendiri hari ini kita menjadi yang terbaik dalam penanganan stunting,” tegas Pj. Bupati.

3). Dalam penanganan Inflasi Daerah, Pemda Bener Meriah akan mengaktifkan seluruh pasar induk yang ada di Bener Meriah sehingga harga yang selama ini berbeda-beda dan ditetapkan oleh pihak membeli, nantinya harga dapat kita kendalikan dan kita yang akan menentukan, bahkan kita akan terus menekan peningkatan Pendapatan Asli Daerah dari sektor retribusi hasil pertanian ini.

“Kami  menyatakan akan selalu menggandeng DPRK Bener Meriah dalam semua kegiatan dan program karena kolaborasi ini sangat penting, karena dengan kerjasama yang baik maka pembangunan dapat berjalan dengan baik pula,” tutupnya.

Sebelum penutupan sidang Paripuran tersebut,  setiap Faraksi terlbih dahulu menyampaikan pandangan umum Frakasinya. Syafri Kaharuddin selaku Sekretaris Fraksi Gabungan Gerakan Nurani Nasional DPRK Bener Meriah, dalam penyampaian pandangan umum Fraksinya pada penutupan Sidang Paripurna DPRK Bener Meriah dengan agenda Pembahasan KUA dan PPAS APBK-P Tahun Anggaran 2022 Kabupaten Bener Meriah menyampaikan apresiasi atas kinerja dan capaian Pemerintah Kabupaten Bener Meriah.

“Kami mengapresiasi atas diterbitkannya Surat Keterangan Asal atau SKA kopi Bener Meriah, sehingga ke depannya diharapkan mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Dana Insentif Daerah atau DID,” tegas Syafri Kaharuddin.

Penutupan Sidang Paripurna tersebut dihadiri oleh Plt. Sekda Armasnyah, SE, M.Si, Para Staf Ahli Bupati, Plt, Asisten 1 Khairmansyah, S.IP, M.Sc, Asisten 2 drh. Sofyan, Sekwan Riswandika Putra, S.STP, M.AP, para Kepala SKPK, para Camat, dan undangan lainnya. (*)

Comments

comments