by

Sistem Buka Tutup, Lintas Samar Kilang Sudah Dapat Dilalui

Redelong | Lintasgayo.com – Akses jalan yang menghubungkan Pondok Baru Kecamatan Bandar dengan Samar Kilang Kecamatan Syiah Utama dan sebaliknya dalam sepekan terakhir terputus total akibat tertimbun material tanah longsor yang menimbun badan jalan tersebut sepanjang kurang lebih 60 meter, sekarang sudah bisa dilewati dengan sistim buka tutup.

“Alhamdulillah, Sekarang akses jalan baik dari Samar Kilang menuju Pondok Baru maupun sebaliknya kini sudah bisa dilewati baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, namun tetap hati – hati dan waspada karena keadaan jalan atau tanahnya masih labil,” kata Camat Syiah Utama Mustakim, S.I.Kom melalui sambungan telepon genggamnya, Senin, (21/11/2022).

Dijelaskan oleh Mustakim, bencana alam tanah longsor yang menimbun badan jalan lintas Samar Kilang – Pondok Baru Kabupaten Bener sepanjang kurang lebih 60 meter, tepatnya di Km 46 Weh Keken Kampung Blang Panu Kecamatan Syiah Utama, pihak rekanan terus berupaya untuk membuka akses jalan tersebut dengan menerjunkan alat berat.

Katanya, hari ini (Senin, 21/11) adalah hari kedelapan pengerjaan timbunan longsor yang dilakukan oleh pihak rekanan proyek Multi years terus dikebut, yang sebelumnya menerjunkan alat berat excavator sebanyak 2 (dua) unit, tapi untuk mempercepat pelaksanaan meyingkirkan timbunan material longsor, sekarang ini pihak rekanan sudah menurunkan 3 alat berat, sebutnya.

Walaupun sudah bisa dilewati dengan sistim buka tutup, para pengguna jalan juga harus kita minta untuk mengetahui jam – jam berapa saja bisa melintas agar tidak tertahan cukup lama. Pagi sebelum jam 08.00 Wib bisa melintas, karena alat berat mulai bekerja pada pukul 08.00 – 11.00 wib, kemudian pukul 11.30 s/d 12.30 wib dan terakhir pukul 14.00 s/d 17.00 wib. Pada jam – jam tersebut masyarakat diminta untuk tidak melewati jalan tersebut karena alat berat sedang bekerja, jadi mohon pengertiannya, harap Camat Mustakim.

“Walaupun dengan sistim buka tutup, masyarakat sangat bersyukur karena akses jalan yang sebelumnya putus total selama sepekan, sekarang sudah bisa dilewati oleh kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan,” pesan Mustakim.

“Mari kita berdo’a, semoga pengerjaan dan penangan jalan ini cepat selesai, dengan demikian akses jalan menuju Samar Kilang dan sebaliknya bisa lancar kembali seperti sebelumnya,” pungkas Camat Syiah Utama Mustakim, S.I.Kom (*)

Fazri Gayo

Comments

comments