by

Jalan Lintas Negara Bireuen Takengon Kembali Normal, Sebelumnya Macet Akibat Longsor

Redelong  | Lintasgayo.com – Akses di ruas jalan Bireun – Takengon kembali normal sebelumnya sempat macet akibat badan jalan tertimbun material longsoran, diseputaran Umah Besi Timang Gajah I Kecamatan Gajah Putih. Kamis 17/12/2020.

Kemacetan selama beberapa jam itu, lantaran adanya tebing yang longsor yang melanda kawasan Umah Besi, sehingga akses lalu lintas sempat terganggu.

Kalaksa BPBD Bener Meriah, Safriadi, S. Pd.M.Pd, kepada media ini menyebutkan, akses lalu lintas sudah kembali normal sejak pukul 10.30 wib.

Menurut lagi kendaraan sudah bisa lewat, dan arus lalu lintas dari Takengon serta sebaliknya sudah normal. Tapi harus tetap hati-hati karena kondisi badan jalan masih licin. Kata Safriadi.

Dia menyebutkan, hujan deras yang melanda kawasan itu, sejak siang hari kemaren.

“Makanya tadi ditutup sesaat, selain kendaraan sulit melintas agar pengerjaan pembersihan bisa cepat diselesaikan. Terhitung, ada sekitar 1 jam dilakukan pembersihan longsoran di ruas jalan Bireun-Takengon yang kami bersihkan,” ucapnya.

Untuk membersihkan longsoran, BPBD Bener Meriah, menerjunkan satu unit alat berat sehingga proses pembersihan ruas jalan yang tertimbun longsor cepat ditangani.

“Saat ini bersama anggota menyelesaikan pembersihan material yang di badan jalan. Tinggal memantau kembali dan mengantisipasinya,” sebut Iqbal.

Tingginya curah hujan di Kabupaten Bener Meriah, dalam beberapa pekan terakhir menyebabkan serangkaian musibah berupa bencana alam terjadi beberapa tempat.

Tanah longsor, kerab terjadi di daerah berhawa sejuk itu. Pasalnya, Bener Meriah merupakan daerah yang berada di dataran tinggi sehingga bencana tersebut, sudah menjadi siklus tahunan. Lanjutnya.

Pihak BPBD beserta unsur TNI/Polri dan RAPI serta masyarakat membantu dalam hal pengaturan lalu lintas setelah jalan dapat dilalui oleh kenderaan, baik roda dua,  empat dan kenderaan ukuran besar. Tutupnya. (Putra Mandala)

Comments

comments

News