by

Pj Bupati Bener Meriah Terima Penghargaan Capaian Universal Health Coverage

Redelong | Lintasgayo.com – Pj Bupati Bener Meriah, kembali menerima penghargaan atas keberhasilanya dalam menjalankan program pemerintah. Kali ini, orang nomor satu di kabupaten penghasil kopi arabika Gayo itu, menerima penghargaan terkait Universal Health Coverage (UHC) Award dari BPJS RI.

Penghargaan tersebut, diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan disaksikan Wakil Presiden Republik Indonesia, RI, K.H, Ma’ruf Amin yang diterima langsung oleh Pj Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M.Si di Balai Sudirman Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Sejak berdirinya BPJS Kesehatan di tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Pemerintah Provinsi Aceh telah sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau UHC. Saat ini, sebanyak 169.498 jiwa penduduk Kabupaten Bener Meriah telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dari total masyarakat terdaftar, tercatat sebanyak 54.254 jiwa telah terdaftar sebagai peserta pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah Bukan Pekerja (PBPU BP) Pemerintah Daaerah Aceh atau biasa disebut Jaminan Kesehatan Aceh (JKA).

Selanjutnya, sebanyak 94.669 jiwa terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI APBN), 18.605 jiwa terdaftar sebagai Pekerja Penerima Upah, 231 jiwa terdaftar sebagai peserta mandiri (PBPU), dan sebanyak 1.739 jiwa terdaftar sebagai peserta pada segmen Bukan Pekerja.

Hal ini merupakan wujud nyata dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Bener Meriah untuk memberikan payung perlindungan bagi masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan.

Pj Bupati Bener Meriah, Drs. Haili Yoga, M. Si, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe yang telah sama-sama bekerja keras agar masyarakat Kabupaten Bener Meriah bisa terjamin ke dalam Program JKN.

“Dengan capaian UHC di Kabupaten Bener Meriah ini, maka diharapkan untuk fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani masyarakat. Terlebih kita harus bekerja sama untuk bahu-membahu dalam mengentaskan permasalahan kesehatan di daerah,” kata Haili Yoga.

Ke depannya, Haili Yoga menargetkan akan terus memastikan seluruh penduduk Kabupaten Bener Meriah, tetap terjamin ke akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS. (*)

Comments

comments