Opini Publik Harus Di Jernihkan Dengan Integritas

Oleh: Maharadi*

 

Kata integritas berasal dari bahasa Inggris yakni integrity, yang berarti menyeluruh, lengkap atau segalanya. Sedangkan menurut Kamus Bahasa Indonesia Integritas merupakan mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran.

 

Ada juga yang mengartikan integritas sebagai keunggulan moral dan menyamakan integritas sebagai ā€œjati diriā€. Integritas juga diartikan sebagai bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai dan kode etik, Dengan kata lain integritas diartikan sebagai ā€œsatunya kata dengan perbuatanā€.

 

Paul J. Meyer menyatakan bahwa ā€œintegritas itu nyata dan terjangkau dan mencakup sifat seperti: bertanggung jawab, jujur, menepati kata-kata, dan setia. Jadi, saat berbicara tentang integritas tidak pernah lepas dari kepribadian dan karakter seseorang, yaitu sifat-sifat seperti: dapat dipercaya, komitmen, tanggung jawab, kejujuran, kebenaran, dan kesetiaan.

 

Selain itu, prinsip-prinsip inti dari integritas adalah nilai-nilai kehidupan yang membawa makna untuk kebajikan, kepedulian, ketergantungan, kedermawanan, kejujuran, kemanusiaan, kebaikan, anti korupsi, anti manipulasi, anti kolusi, anti nepotisme, anti kekerasan, kesetiaan, kedewasaan, objektifitas, kepercayaan, kehormatan, dan kebijaksanaan.

 

Bila di hubungkan kata Integritas dengan calon legislatif hari ini apa maksudnya ? Sesuai dengan Ikar Pemuda Kebayakan saat pengibaran Bendera Merah Putih Pada Hut RI ke-68 di Bur Ayangan ā€œMenolak Calon Legislatif Tidak Berintegritasā€.

 

Menurut kami ada tiga alasan Pertama, jujur merupakan langkah awal untuk membangun kepercayaan kepada rakyat. Kedua, jujur merupakan nilai paling fundamental, dan terakhir jujur saat ini langka sehingga harus menjadi bagian yang dijaga oleh Calon Legislatif.

 

Dalam konsekuensi dari proses pemilihan umum 2014 nantinya di mana rakyat ā€“ sang pemilik kedaulatan ā€“ telah memilih secara langsung para wakil rakyat yang akan bertindak mewakili rakyat. Untuk itu, sebelum salah pilih masyarakat perlu melihat rekam jejak calon yang akan di pilih.

 

Pemuda Kebayakan akan terus mengkampanye kan ini, meskipun tulisan ini singkat. Semoga banyak caleg yang membaca tulisan ini dan ada dukungan dari orang-orang cinta terhadap perubahan. Bagi kami, mediamkan kesalahan adalah kejahatan. Salam Integritas.

 

*Penulis adalah Ketua Pemuda Kebayakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.