by

Inilah Gayo 3 Segera Digelar di Takengon

 

 

Takengon | Lintas Gayo – Setelah sukses menggelar Festival Gasing Gayo tahun 2011 lalu, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Aceh Tengah kembali menggelar permainan rakyat tradisional akhir 2012 ini. Acara yang dikemas dengan nama Inilah Gayo 3 merupakan dukungan oleh Formi Aceh Tengah dalam menyongsong Festival Danau Lut Tawar 2013.

Sekretaris Formi Aceh Tengah, Illiandi, Selasa 23 Oktober 2012 di Takengon mengatakan, kegiatan Formi tahun ini diagendakan berlangsung bulan November dan Desember 2012.

“Ada empat kegiatan yang diselenggarakan Formi Aceh Tengah tahun ini, diantaranya permainan rakyat Terompah Panjang (Keletek Naru), Gasing, Renang Tradisional Perairan Terbuka dan festival Musik Bambu”, rinci Dadung sapaan akrabnya.

Jadwal pelaksanaan, dirincikan Dadung, permainan rakyat Terompah Panjang dan Gasing pada 10-11 November 2012 di lapangan Setdakab Aceh Tengah, dan seminggu kemudian digelar Festival Musik Bambu 17 November 2012 di Gedung Olah Seni Takengon, sedangkan untuk renang tradisional digelar awal Desember 2012, tambahnya.

Dilanjutkan, untuk Festival Musik Bambu baru pertama kali digelar di Takengon, perlombaan yang dipertandingakan dalam festival tesebut hanya perlombaan Suling Gayo saja.

“Selain perlombaan Suling Gayo akan ada parade alat musik bambu khas Gayo diantaranya Suling, Teganing dan Gerantung yang akan dikolaborasikan dengan alat musik modern, yang digarap oleh musisi muda tanoh Gayo yang sukses meluncurkan album solo terbarunya, Irvan Ceh Kul lewat album Muniru”, tambah Dadung.

Untuk informasi lebih lanjut terkait kegiatan ini, Dadung mempersilahkan untuk menghubungi panitia di Wapres Cafe Takengon atau melalui nomor kontak 085296030203 (Dadung) dan 085260447103 (Iwan)

Kegiatan Inilah Gayo 3 ini, didukung beberapa pihak diantaranya Balai Pelestarian Nilai Sejarah Banda Aceh, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Aceh, FORMI Aceh Tengah, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah, Gayo Diving Club (GDC), Media Online Lintas Gayo, Gayo Discover, The Gayo Institute (TGI), Wapres Cafe dan lainnya. (Darmawan Masri/red.03)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.