by

Pelajar SMA 1 Juara Menulis Berita RRI Takengen

RRITakengen | Lintas Gayo – Tri Setiadi Ismail, Pelajar SMA Negeri 1 Takengen, meraih juara pertama dalam perlombaan menulis berita yang diselenggarakan RRI cabang Takengen. Kegiatan yang diikuti oleh 34 pelajar dan mahasiswa itu, berlangsung Selasa (9/9/2014) di gedung RRI, Kemili Takengen. (Baca, RRI Takengon Adakan Lomba Pembuatan Berita)

Juara kedua diraih Raihana SMA unggul 8 Takengen, dan juara ketiga diraih Karmiadi, mahasiswa STAIN Gajah Putih. Dari ke 34 peserta, lebih dari 20 peserta yang sudah mengerti dalam penulisan berita. Mereka mempergunakan rumus 5W dan 1 H.

“Tiga dewan juri terpaksa harus kerja ekstra membahas semua tulisan yang masuk nominasi. Rata-rata sudah bagus tulisannya, hanya tinggal dipoles sedikit lagi dan rajin latihan, mereka sudah bisa membuat berita,” sebut Win Ruhdi Batin, salah seorang dewan juri.

Menjawab Lintas Gayo, Win Ruhdi Bathin menjelaskan, dari 20 lebih yang sudah mengerti tentang pembuatan berita, masing-masing dewan juri mengajukan 8 nama untuk dibahas yang akan menjadi juara satu, dua dan tiga.

Tulisan peserta dicopi seluruhnya, dan masing-masing dewan juri menyeleksi untuk 8 nama. Ternyata ke 8 nama yang diusulkan para juri, walau menilainya masing-masing, semuanya sama.

“Mulailah dewan juri mengajukan argument, mana yang berpeluang masuk ke 6 besar. Dari enam besar kembali dibahas, siapa yang meraih juara,” sebut Gunawan Khalis dewan juri lainnya. Karena yang dinilai pembuatan berita, selain rumusan 5W dan 1H, dewan juri juga menilai alur berita, apakah menyebutkan fakta atau opini.

Fahmi Rizqi, mahasiswa, tulisannya sangat bagus. Namun tidak menyebutkan sumber dalam berita, sehingga menjadi opini. Padahal yang ditulisnya itu benar, dan hasil wawancaranya dengan nara sumber dalam perlombaan penulisan itu. Dia baru menyebutkan sumber di paragraph ketiga,tetapi tidak dikaitkan dengan paragraf sebelumnya.

Melihat potensi generasi muda yang sudah memiliki semangat untuk menulis, Bahtiar Gayo, salah seorang dewan juri lainnya, mengakui bangga, ada generasi penurus wartawan. Untuk itu, dia siap membimbing para gerenasi muda yang mau menulis.

“Silakan kirim tulisannya ke email saya bahtiargayo@yahoo.com, Insya Allah bisa berbagi,” sebutnya kepada peserta perlombaan. (LG004)

Berita Terkait: #RRI Takengon

Comments

comments