by

Dalam Rangka Mencegah Banjir Susulan Babinsa Bersama Warga Bersihkan Parit

Babinsa Koramil 02/Wih Pesam bersama warga melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan saluran air di Dusun Sara Anan, Kampung Blang Ara, Kecamatan Bukit, Bener Meriah.
Babinsa Koramil 02/Wih Pesam bersama warga melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan saluran air di Dusun Sara Anan, Kampung Blang Ara, Kecamatan Bukit, Bener Meriah.

Redelong | Lintasgayo.com – Dipenghujung tahun 2020 curah hujan sepertinya sangat deras dalam beberapa hari kebelakang dan kedepannya. Babinsa Koramil 02/Wih Pesam bersama warga melaksanakan kegiatan gotong royong membersihkan saluran air.

Gotong royong yang dilaksanakan ini, menindaklanjuti dari kejadian kemarin sore, Air meluap dari parit yang mengakibatkan jalan sepanjang 3 kilometer tergenang air, dan antisipasi bahaya banjir juga semakin tinggi, terlebih jika saluran air terhalang atau tersumbat.

Maka dari itu masyarakat dari Wag Pondok Sayur, Blang Ara dan Kenawat kita ajak untuk membersikan saluran Air, baik Selokan, dan Parit,  di Dusun Sara Anan, Desa Blang Ara kecamatan Bukit Kabupaten Bener Meriah. Jumat 13/11/2020.

Dalam hal ini Danramil 02/Wih Pesam Kodim 0119/BM, Kapten Inf Trimo SH, melalui Babinsanya Kopral Satu Eko Suyanto, menyampaikan pembersihan saluran Air tersebut untuk mengantisipasi terjadinya banjir diwilayah tersebut, akibat parit tersumbat oleh rumput dan pasir yang hayut terbawa oleh Air dari atas.

“Kalau paritnya bersih, Air hujan juga akan mengalir dengan lancar, bahwa perlu menjadi perhatian dari semua warga akan masalah banjir. Sikap cuek acuh tak acuh terhadap lingkungan menjadi penyebab rumput, sampah dan endapan tanah menumpuk didalam selokan tersebut,” kata Eko.

Sehingga hal ini menimbulkan suatu masalah terhadap lingkungan, kebun dan jalan terimbas oleh terjangan air yang begitu deras datang dari hulu. Seperti yang terjadi kemarin, yang menyebabkan beberapa kebun dan rumah warga terimbas dari air tersebut.

“Hal ini sudah ditindaklanjuti oleh pihak Pemerintah Daerah dan sudah menurunkan tim kelapangan,  juga bantuan dari Dinas Sosial juga BPBD sudah disalurkan kepada warga yang rumahnya terendam air, ” Sebut Eko.

“Perlu kita ketahui kita sebagai Babinsa hanya mengajak dan mengarahkan masyarakat bergotong royong sebagai antisipasi agar tidak terulang kembali sepert kejadian yang sudah sudah,” lanjutnya.

Maka dari itu kita harus jeli dan tetap harus waspada terhadap ancaman banjir dan harus tetap bergotong royong. Jangan pernah bosan untuk membersihkan lingkungan kita masing masing. Tutupnya. (Putra Mandala)

Comments

comments

News