by

Dinas Syariat Islam Adakan Pelatihan Qanun Jinayah Bagi Pelajar

Takengon| Lintasgayo.com-  Dinas Syariat lslam Kabupaten Aceh Tengah menyelenggarakan pelatihan Qanun Jinayah, bagi para pelajar. Para peserta pelatihan direkrut dari berbagai sekolah,  baik dari kalangan sekolah menengah pertama dan menengah atas yang berada  di seputaran kota Takengon.

“Kegiatan ini sudah lama direncanakan sekitar 1 tahun yang lalu,dan diadakan melalui dana khusus Aceh/Doka.Gunanya untuk sosialisasi hukum jinayat kepada pelajar, karena diusia remaja rentan sekali terpengaruh ke hal yang berdampak negative,” sebut Drs.Mustafa Kamal M.A, Selasa (17/11/2020) di MAN 2 Takengon

Drs.Mustafa Kamal M.A,Kadis Syariat Islam Kabupaten Aceh Tengah sangat mengharapkan generasi muda Aceh khusunya Gayo, bisa membedakan mana yang baik dan mana yang salah. Dengan adanya pelatihan Qanun Jinayah ini akan ada pengurangan kejahatan dikalangan remaja.

Menurut Mustafa Kamal dalam penjelasanya, dengan adanya pelatihan ini bukan hanya menambah pengetahuan peserta agar dia tidak terjebak dalam prilaku yang bisa dikenakan hukuman jinayah, namun dia juga harus menyadarkan orang lain agar tidak melakukan perbuatan melanggar hukum.

Menurut ketua panitia pelaksana kegiatan, Nikmah, kepada santri dayah pelatihan jurnalistik,  mengatakan  pelatihan  yang berlangsung di MAN 2 selama empat hari, sejak 16-19 November 2020.

Dinas Syariat lslam Aceh Tengah mengumpulkan para pelajar yang akan dibimbing dengan ilmu Qonun Jinayah selama 4 hari.sebut hikmah uswah seorang pekerja di kantor dinas syariat lslam. Materi tentang hukum jinayat ini akan diisi langsung  pihak kejaksaan, kepolisian, Satpol PP WH. *

(Erika dwi calista & silfia rizki ramadhani, peserta pelatihan jurnalistik Dayah).

Comments

comments

News