by

Bijaklah Dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga

Catatan: Al Khawarizmi*

Tanah adalah salah satu komponen alam yang paling penting untuk kelangsungan hidup berbagai makhluk hidup di bumi. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kesuburan dan perkembangan tanah untuk masa depan anak dan cucu kita.

Tanah dan air merupakan sumber kehidupan bagi manusia dan makhluk hidup lainnya, yang harus dijaga kebersihannya dari segala macam polusi agar tidak tercemar.

Pencemaran tanah dapat terjadi karena ulah manusia ataupun perubahan alam. Contohnya pencemaran tanah karena ulah manusia membuang sampah sembarangan. Sampah-sampah plastik tidak dapat diuraikan oleh tanah selama puluhan tahun. Hal ini akan berdampak buruk bagi tanah dan lingkungan, lama-kelamaan tanah akan tercemar dan menimbulkan berbagai dampak seperti wabah penyakit, merusak ekosistem hingga pencemaran udara.

Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat yang menghasilkan limbah rumah tangga berupa sisa makanan setiap hari yang sebenarnya dapat dimanfaatkan. Sampah-sampah basah atau sisa pengolahan makanan (organik) dapat kita buat sebagai pupuk organik, jadi sampah tersebut tidak perlu kita buang. Sementara sampah plastik (anorganik) berupa botol bekas dapat kita manfaatkan sebagai bahan untuk kerajinan tangan seperti membuat bunga dari botol plastik (botol minuman) bekas.

Mulai sekarang bijaklah dalam mengelola sampah rumah tangga agar lingkungan tetap bersih dan sehat. Mulailah dari hal yang terkecil untuk mendapatkan hasil yang lebih besar kelak. Yaitu anak cucu akan menikmati lingkungan yang indah dan bersih. Lintasgayo.com

* Seorang Mahasiswa tinggal di Lampahan Barat, Kecamatan Timang Gajah, Bener Meriah.

 

Comments

comments

News