by

Berkah Maulid Nabi di Pesantren Nurul Huda Atu Lintang

Atu Lintang| Lintasgayo.com– Pesantren Nurul Huda, Atu Lintang, Kecamatan Atu Lintang, Aceh Tengah, mendapat berkah ketika dilaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan yang dilaksanakan dipenghujung tahun 2021 ini, pesantren bukan hanya pengembangan syiar Islam, namun pesantren ini mendapat sumbangan buku.

Pesantren yang dipimpin Tgk. Sukarno ini, diberikan 50 buah buku beserta 1 rak buku yang diserahkan langsung oleh kepala Dinas Perpustakaan Aceh Tengah Sarwa Jailani. Selain itu, pesantren ini juga mendapat kunjungan anggota DPRA, Bardan Sahidi.

Banner

Usai mengikuti agenda maulid nabi, Bardan Sahidi, Kadis Perpustakaan Aceh Tengah, dan Camat Atu Lintang, Iwan Kenangan, dibawa oleh pimpinan pesantren untuk meninjau perkebunan yang menjadi penupang dayah.

Di kawasan dayah ini ada area perkebunan kopi dan tanaman muda. Di sana ada tanaman cabai yang ditanam oleh para santri, khususnya santri yang mondok di pesantren.

Saat meninjau area perkebunan cabai ini, Bardan Sahidi, anggota DPRA mengatakan, usaha perkebunan cabai yang dikembangkan santri merupakan usaha yang sangat bagus dan itu harus didukung untuk dikembangkan.

“Mantap, luar biasa, mandiri. Usaha ini  harus dilanjutkan,” ucap Bardan Saidi yang ikut berkeliling kebun milik pimpinan dayah yang selama ini menjadi penupang kegiatan pesantren khususnya untuk santri yang mondok di sana.

Apalagi lokasinya cocok untuk dikembangkan tanaman sayur mayur dan dortikultura disela selama tanaman kopi. Usaha produktif seperti ini harus mendapat dukungan demi menupang perkembangan pesantren, sebut Bardan kepada media ini yang turut hadir di sana.

Selain mengembangkan tanaman cabai, di pesantren ini juga dikembangkan usaha peternakan. Melihat perkembangan itu, Iwan Kenangan, mengusulkan agar di area pesantren ini juga dikembangkan peternakan ayam dan bebak. ( Alif Mujtaba)

Comments

comments