by

Pesantren Maqamam Mahmuda Gelar Perlombaan Dalam Rangka Hari Santri

Takengen | Lintasgayo.com – Kegiatan perlombaan memperingati hari santri nasional tahun 2020 pesantren modern Maqamam Mahmuda diawali dengan acara upacara bendara. Pada Kamis, 22/10/2020 lalu.

Upacara ini diikuti seluruh warga pesantren yang bertempat di komplek pesantren, turut hadir Kankemanag aceh tengah yang dihadiri oleh bagian pontren Mustafa Putra.

Dalam amanatnya, Mustafa Putra pada upara tersebut menyampaikan, santri bagian dari pembangunan NKRI, dengan kesungguhan dalam proses pendidikan di pesantren akan membangun kualitas santri.

“Dimasa yang akan datang. “Man jadda wajada” sebagai dasar pergerakan santri dalam perjuangan selama di pesantren,” ujarnya.

Acara peringatan hari santri di pesantren Modern Maqamam Mahmuda, Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah, di meriahkan dengan beberapa perlombaan untuk meningkatkan kualitas santri, diantaranya tasmi’ hifdzul quran, cerdas cermat bahasa arab dan inggris, pidato bahasa arab inggris, dan tebak mutaradifat.

Pada acara tasmi’ hifdzul quran dihadiri Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Tengah Mustafa Kamal, MA. Dimana Mustafa Kamal menyampaikan pentingnya hubungan santri dengan Alquran dan pada kesempatan yang sama juga menguji kemampuan hafalan santri.

Program tahfidz di Pesantren Modern Maqamam Mahmuda menjadi salah satu program peningkatkan kemampuan santri dengan tidak meniggalkan program utama Pesantren modern dengan target kemampuan berbahasa, organisasi dan keilmuan agama. Ungkap pimpinan Pesantren Dr. Abdiansyah Linge, MA.

“Program tahfid Maqamam Mahmuda berjumlah 80 santri yang terdiri dari 40 santriwan dan 40,”  jelas Dr. Abdiansyah Linge, MA.

Sementara itu, Koordinator tahfidz ustadz Aksara Akrimi, MA mengutarakan kepada seluruh warga pesantren dan wali santri yang turut hadir, bahwa target hafalan selama 1 bulan 1 juz.

Proses ini juga dilihat dan diuji oleh wali santri secara langsung dan membangkitkan suasa yang harus membahagiakan.

Pada cabang cerdas cermat antar santri dilingkungan santri tak kalah penting meriahnya, hal ini dibuktikan dari hangatnya kegiatan selama berlangsung, run down perlombaan dilaksanakan secara maraton sampai hari sabtu tanggal 24 oktober 2020.

Kegiatan peringatan hari santri nasional ini tetap menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 dengan menerapkan protol kesehatan. (PR/FG)

Comments

comments

News