by

Fokus Kita Membangun dan Saling Dukung

Catatan : Sadra Munawar*

Banner

Perbedaan pendapat dalam ruang diskusi adalah perkara lumrah karena mencari titik kebenaran. Budaya akademik ini harus menjadi dasar pikir seseorang saat melakukan penilaian, karena jika tidak itu tidak diutamakan maka akan berujung pada sesuatu hal sifatnya tendensius dan mengarah kepada narasi yang tidak bijak.

Membangun peradaban tentu tidak terlepas dari nilai-nilai dan budaya akademik, pemikiran ilmiah serta kajian-kajian pembangunan yang memang itu semua sangat diperlukan untuk menjadikan suatu daerah tersebut sebagai daerah maju.

Tentu dorongan dari semua pihak menjadi modal utama dalam melakukan tugas penting ini, maka saling support / dukung adalah langkah wajib yang mesti dilaksanakan, harus diakui bahwa badai pandemi sampai saat ini masih “menghantui” kita, maka jika tidak dengan gerakan kolaborasi jalan terjal ini sudah pasti sulit dilalui.

Mengapa penulis menyarankan pembaca berkolaborasi membangun daerah ini, kita ini sudah terlampau jauh tertinggal dari daerah maju di luar sana, seharusnya kita memikirkan bagaimana cara agar di daerah ini sudah tersedia pusat kajian akademik pertanian, punya regulasi agar hasil pertanian tidak merasakan fluktuasi (naik turun harga) dan lain sebagainya.

Penulis apresiasi pemerintah daerah Bener Meriah sudah mengesahkan qanun pariwisata 23 Desember 2020 lalu, sudah barang tentu berefek baik bagi dunia pariwisata daerah ini terlebih daerah berhawa sejuk ini merupakan salah satu tujuan wisatawan.

Salah satu gerakan awal sebagai tanggung jawab bersama yakni memberikan pemahaman kepada semua pihak, caranya bagaimana, seperti apa metode dan strateginya, silahkan. Yang kita lawan bukan saja pandemi namun informasi kurang baik yang bertebaran dimana-dimana, terlebih dengan kemajuan informasi saat ini.

Selanjutnya kita juga harus mendorong pemerintah daerah untuk menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang menjadi pekerjaan rumah mereka, dorongan ini tentu sebagai alarm dan “vitamin” bagi lembaga eksekutif agar kiranya tidak luput dengan apa yang sudah diikrarkan atas dirinya.

 

*Sadra Munawar adalah Pemuda Bener Meriah.

Comments

comments