by

Kebakaran Bur Gayo Ancam Pemukiman Warga

Takengen | Lintas Gayo : Kebakaran yang dianggap biasa terjadi tiap tahunnya, menjadi tidak biasa dan mulai mengancam pemukiman penduduk.

Hingga saat berkumandangnya azan Maghrib, Senin (18/7) api yang melalap semak dan hutan Pinus dikawasan Kampung Dedalu Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah belum berhasil dipadamkan oleh warga dan dibantu oleh sejumlah Polisi Kehutanan (Polhut), TNI, Polri, dan personil Pemadam Kebakaran.

Api terus merambat kebagian kaki Bur Gayo disisi Selatan Danau Lut Tawar tersebut dan mendekati pemukiman padat penduduk setempat yang berbatasan dengan Kampung Bale Bujang.

Menurut beberapa sumber yang sempat ditemui Lintas Gayo, kebakaran adalah yang terparah selama 3 tahun terakhir.

Kawasan tersebut memang sering terjadi kebakaran hutan, namun kali ini yang sempat membuat warga panik hingga armada pemadam kebakaranpun harus diturunkan ke sejumlah titik api yang berpotensi membahayakan pemukiman penduduk tersebut.

Dilokasi kejadian, tampak Dandim 0106/Aceh Tengah, Letkol Inf Sarwoyadi bersama Camat Lut Tawar Subandhy terus memantau upaya pemadaman api yang belum jelas dari mana asal dan sebab musababnya tersebut.

Pantauan Lintas Gayo hingga pukul 21.00 Wib, di lokasi kejadian masih terlihat puluhan titik api yang masih belum berhasil dipadamkan bahkan di daerah yang tidak jauh dari Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dedalu, api malah tampak membesar. Dikhawatirkan api akan terus merambat kekawasan lain akibat hembusan angin. (Ozi Opc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.