by

Kominsa Kerjasama Diskominfo Bener Meriah Gelar Rencana Induk Smart City

Redelong | Lintasgayo.com – Dinas Komunikasi, Informatika Dan Persandian (Diskominsa) Aceh bekerjasama dengan Dinas Komunikasi  dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bener Meriah menggelar kegiatan tentang pendampingan Penyusunan Rencana Induk Smart City Kabupaten Bener Meriah. Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt. Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Khairmansyah, S.I.P., M.Sc mewakili Pj. Bupati yang didampingi oleh Sekdis Riska Kadisa, S.Kom mewakili Kadis Kominfo di Hotel Al-fatah Simpang Tiga Redelong, Kamis, 04/8/2022.

Banner

Dalam pidato sambutan Pj. Bupati yang dibacakan oleh Plt. Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Khairmansyah menyampaikan, pemerintah daerah untuk saat ini terus dituntut untuk melakukan pembaharuan dari berbagai sector sebagai salah satu langkah untuk mengatasi tuntutan masyarakat yang semakin komplek. Inovasi sudah menjadi sautu keharusan yang mesti dan harus kita lakukan sehingga keberadaan pemerintah menjadi bermakna dimata rakyat, katanya.

Khairmansyah,  juga menjelaskan, Inovasi tidak hanya penting untuk pelayanan public tapi juga untuk meningkatkan kapabilitas pemerintah. Oleh karena itu inovasi kelembagaan ataupun inovasi dalam bidang organisasi menjadi penting dalam praktek penyelenggaraan pemerintahan daerah, ujarnya.

Sambungnya, perkembangan teknologi yang semakin maju dan pintar membuat konsep smart tak hanya diterapkan diberbagai perangkat tetapi uga diberbagai system, salah satunya yang sedang tren adalah konsep Samrt City adalah konsep yang mengutamakan sebuah tatanan kota cerdas yang berperan dalam memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat, sampai Khairmansyah.

“Jadi dapat kita katakan bahwa konsep kota cerdas ini adalah integrasi informasi secara langsung dengan masyarkat,” tegasnya.

Konsep kota cerdas adalah suatu konsep yang akan mempercepat dalam memberikan pelayanan pada kegiatan social, ekonomi juga lingkungan, juga menanggapi tentang perubahan iklim, pertumbuhan populasi yang cepat serta kestabilan politik dan ekonomi, tambah Khairmansyah.

“Kegiatan hari ini merupakan suatu langkah yang kita harpakan akan dapat menyelesaikan permaslahan – permasalahan yang kita hadapi dengan cara – cara yang cerdas,” harapnya.

“Khusus kepada Pemerintah Aceh terutama Diskominsa Aceh, kami atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan secara terus menerus dalam upaya meningkatka kualitas palyanan public melalui berbagai inovasi di bidang teknologi informasi dan komunikasi kepada Kabupaten Bener Meriah, pungkas Khairmasnyah.

Sebelumnya Ketua Panita Pelaksan Kegiatan  M. Iman Jaya, ST yang juga sebagai Kabid Persandian Dsikominsa Aceh dalam laporannya menyampaikan,

Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah sesuai Surat Keputusan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Aceh Nomor : 555/063/2022 tanggal 6 Juli 2022 Tentang Pembentukan Tim Pendampingan Penyusunan Rencana Induk Smart City Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2022. Dengan Tujuan yang  diharapkan pada tersusunnya Dokumen Rencana Induk Smart City Kabupaten Bener Meriah, sehingga akan  memberikan acuan bagi pengambilan  kebijakan  dan langkah-langkah strategis , sebut Iman Jaya.

Kegiatan pendampingan Penyusunan Rencana Induk Smart City kabupaten Bener Meriah tersebut akan dilaksanakan selama dua hari yaitu, Kami – Jum’at (4 – 5 Agustus 2022), dengan menghadirkan para narasumber dari Tenaga Ahli dari UIN AR-RANIRI Banda Aceh Bustami, Komunita IT yang terdiri dari Relawan TIK Aceh Zainal Mahyar dan Masyarakat Informasi Teknologi Aceh Twk Muhammad Iqbal, yang diikuti oleh perwakilan SKPK kurang lebih 50 orang. (*)

Comments

comments