by

Atlit Sepeda Asal Gayo Tetap Berjilbab dan Jaga Identitas Gayo

Atlit putri asal Gayo : Nur Wahyu Afriana (dua dari kiri), Isna Dewi (kelima dari kiri) dan Noviana (keenam dari kiri). Foto : sportku.com

Jakarta | Lintas Gayo – Atlit balap sepeda Aceh asal tanah Gayo yang memilih membela Provinsi Riau di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII 2012 mendatang menyatakan akan tetap mengenakan jilbab walau harus bertanding dimanapun.

“Iya pak, kami sudah bertekad seperti itu, tetap mengenakan jilbab sejak memilih jadi atlit balap sepeda pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Aceh di Bireuen akhir Nopember 201o lalu,” kata Isna Dewi, atlit asal Celala Kabupaten Aceh Tengah yang dihubungi Lintas Gayo melalui sambungan telepon.

Pernyataan tersebut diamini Noviana, asal Simpang Daling Kabupaten Aceh Tengah dan Nur Wahyu Afriana, salah Gunung Tertit Kabupaten Bener Meriah.

“Kami berasal dari serambi Mekkah pak, apalagi dari Gayo. Kami tidak ingin kehilangan identitas kami walau dimanapun berada,” ujar Noviana lagi. Dia mengakui agak risih juga dengan pakaian yang mereka kenakan karena tidak bisa sempurna seperti yang diharapkan.

“Dengan tampilan sekarangpun kami sudah risih, apalgi kalau dibuka-buka, gak terbayanglah pak oi”, timpal Isna Dewi dengan nada khas Gayonya.

Dari penelusuran online, ternyata dari sejumlah foto ketiga atlit tersebut saat berlaga disejumlah pertandingan sepanjang tahun 2011 ini, ketiganya memang mengenakan jilbab saat beradu cepat di atas sepeda. Dan tentu dengan sedikit modifikasi disesuaikan dengan aktivitas yang mereka geluti.

Di pertandingan terakhir misalnya di even “King of the Kings Urban Downhill dan Urban X-truction 2011” pada Minggu (18/12/2011) di MGK Kemayoran Jakarta sebagaimana dirilis sportku.com yang memampang foto mereka dengan hadiah juara yang mereka terima, ketiga tetap mengenakan jilbab, berbeda jauh dengan penampilan atlit putri asal daerah lainnya.

Di even yang digelar malam hari tersebut, ketiga mantan siswa SMAN 8 Takengon ini berhasil menoreh prestasi gemilang dan layaknya menjadi ratu-ratu atlit sepeda di ibukota Jakarta di even tersebut. Adapun hasil pertandingan kelas Urban XC kelas “Women Open” Urban X-Truction Nite Race yang mereka ikuti seperti dirilis sportku.com adalah :
Juara I – Will Helmina
Juara II – Nur Wahyu Afriana
Juara III – Sony Kinanti
Juara IV -Isna Dewi
Juara V – Noviana

Sementara Nur Wahyu Afriana yang juga ikut di kategori pertandingan Urban Downhill Nite Race Women Open kembali berhasil meraih juara III setelah tersisih dari pembalap Wilhelmina diurutan pertama dan Tita Supita diposisi kedua.

(Khalisuddin/03)

.

Comments

comments

News