by

Satker dan Formasi CPNS STAIN Gajah Putih Sedang Dalam Pemuatan

Dr. Zulkarnaen, M. Ag
Dr. Zulkarnaen, M. Ag, Ketua STAIN Gajah Putih Takengon

Takengen | Lintasgayo.com – Ketua STAIN Takengon Dr. Zulkarnaen, M.Ag, menyampaikan, bahwa STAIN Gajah Putih merupakan salah satu satker Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI, mendapat formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 melalui jalur umum.

Formasi tersebut ditetapkan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Untuk STAIN Gajah Putih Takengon MENPAN-RB menetapkan 94 formasi untuk tenaga Dosen dan 3 laboran.

Seperti dipublis situs resmi STAIN Gajah Putih, jumlah kuota keseluruhan adalah 97 formasi. Formasi ini merupakan kebutuhan Satker STAIN Gajah Putih Takengon, sejak status negeri ditetapkan pemerintah CPNS pendidikdan kependidikan telah diusulkan kepada Biro Kepegawaian Kementerian Agama, Direktur Jenderal Pendidikan Islam dan MENPAN-RB. Usul CPNS disampaikan berdasar Analisis Jabatan (Anjab).

Analisis Beban Kerja (ABK) dan Renacana Penempatan sesuai Kebutuhan. Pihak Stain bersyukur dan berterima kasih kepada para pihak yang mendorong, merealisasikan usulan STAIN, karena 70% usul untuk Dosen telah terpenuhi, walaupun untuk tenaga kependidikan belum tertampung dalam formasi CPNS jalur umum tahun 2013 ini, sebagai satker baru STAIN Gajah Putih Takengon sangat membutuhkan tenaga struktural, selain untuk mengisi struktur dan Organisasi Tata Kerja (Ortaker) STAIN Gajah Putih,  juga untuk memaksimalkan pelayanan kepada para pengguna jasa STAIN Gajah Putih.

Penerimaan pelamar sepenuhnya mengikuti sistem yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam hal ini Panitia Seleksi Nasional (panselnas) yaitu Kemenpan-RB dan BKN. Kementerian Agama beserta satker yang memperoleh formasi sepenuhnya mengikuti system yang dilaksanakan oleh Panitia Seleksi Nasional (Pansenal).

Situs STAIN juga menyebutkan, salah satu system penerimaan CPNS jalur umum ini adalah bahwa proses pendaftaran dilakukan pelamar untuk mengisi formasi menggunakan sistem pendaftaran online melalui web. SSCN Badan Kepegawaian Negara.

Sistem penerimaan CPNS jalur umum tersebut telah disosialisasikan kepada para Satker yang memperoleh formasi juga dibahas dalam Rapat Koordinasi antara Biro Kepegawaian dengan pihak Satker.

Setelah beberapa kali pembahasan baru kemudian Kementerian Agama mengumumkan formasi dan Satker melalui website-nya. Tanggal 14 hingg 28 September 2013 adalah waktu pendaftaran bagi pelamar.

Setelah empat hari pengumuman tersebut dimuat, para pelamar belum berhasil memuat biodata dan formasi yang ingin dilamarnya. Permasalahannya, bahwa dalam web.sscn.bkn.go.id tersebut belum termuat secara lengkap nama dan lokasi satker. Jumlah satker yang menerima formasi 12 satker yang termuat hanya 5 satker, 7 satker lainya belum dimuat termasuk satker STAIN Gajah Putih Takengon.

Sejak pengumuman dikeluarkan kementerian agama, banyak pelamar yang menanyakan hal tersebut kepada pihak STAIN. Kemudian STAIN mengkonfirmasi kepada pihak kementerian Agama, informasi yang STAIN terima, bahwa satker dan formasi sedang dalam proses pemuatan kedalam situs BKN, pihak STAIN diminta untuk bersabar. (Iwan Bahagia/LG)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3,627 comments

  1. ssallamu’allaikum.
    sedikit menanggapi terkait pendaftaran CPNS online. dalam peraturan MENPAN-RB dan BKN Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 30
    Tahun 2007 dan Perka BKN no 9 tahun 2012 serta PERMENPAN no 197 tahun 2012. di syaratkan bagi instansi pusat dan daerah harus melakukan proses tahapan kajian organisasi/lembaga terlebih dahulu, tahapan yang harus dilakukan adalah:
    1. Evaluasi organisasi ( masih2 satker)
    2. Analisa Jabatan untuk program penataan kelembagaan, Kepegawaian, ketatalaksanaan dan perencanaan
    3. Analisa Beban Kerja untuk menghitung kebutuhan pegawai yang akan di buka formasi nya.
    4. Evaluasi Jabatan untuk memetakan rumpun jabatan sesuai nilai bobot angkat kredit dan kelas jabatan.
    5. INFAK (informasi jabatan) untuk menetapkan bobot tiap pekerjaan/jabatan yang menjadi dasar (yang dianggap adil) untuk membuat peringkat jabatan.
    jadi saran saya lalui dulu tahapan-tahapan tersebut. baru tebetih SDM pendidik apa yang di butuhkan oleh STAIN saat ini. BKN dan MENPAN-RB juga tdk serta merta bisa memproses krn kebutuhan di daerah itu blm terpetakan dengan jelas melalui dokumen-dokumen tersebut di atas.
    gre ke beta ya pak zul
    – See more at: http://www.lintasgayo.com/41872/konfirmasi-stain-gajah-putih-bkn-terkait-pendaftaran-cpns-online.html#sthash.fLmhCpSg.dpuf