by

Besok Dewan Adat Gayo Dikukuhkan

foto: atjehlink.com
foto: atjehlink.com

Takengen | Lintas Gayo – Pembentukan panitia Kongres Dewan Adat Gayo (DAG) pada tanggal 8/12/2012 yang lalu, akan dikukuhkan pada hari Sabtu (4/1/2014) di ofroom setdakab Aceh Tengah, acara pengukuhan tersebut dimulai pukul 9.00 Wib yang dihadiri tokoh masyrakat gayo dan panitia kongres.

Panitia kongres  dewan adat gayo direncanakan akan dikukuhkan oleh bupati Aceh Tengah Ir.Nasarudin.MM. hal gtersebut disampaikan ketua persiapan kongres DAG Ir Sukriansyah. Jum’at (3/1) di sekertariat panitia persiapan DAG Takengon

Kepada Media ini Sukriansyah menyampaikan, panitia DAG terus dimantapakan. Sampai dengan terbentuknya panitia kongres yang akan dikukuhkan besok.

“Panitia terus bergandeng tangan untuk mensukseskan terlaksanaya Kongres yang direncanakan akan digelar pada pertengahan februari mendatang”.

Kita mengharapkan seluruh elemen masyrakat gayo agar berpartisifasi menuangkan pikiran dan saranya untuk pembentukan dewan adat gayo yang sudah lama dicita-citakan masyarakat Leuser Antara. Ungkapnya

Tambahnya lagi untuk mewujudkan cita cita besar ini, tentunya seluruh masyarakat Aceh Tengah, sangat diharapkan secara bersama-sama mensukseskan kongres DAG.

Terpisah, pengurus KP3 ALA pusat, Zam-zam Mubarak yang dihubungi melalui telepon selulernya menyampaikan, dengan dibentuknya dewan adat gayo ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk mempersatukan seluruh masyarakat yang ada diwilayah tengah yang selama ini sudah didiskriminasi oleh pemerintah Aceh.

Ia manambahkan, gayo mempunyai peran besar dalam peradapan Aceh karena gayo merupakan suku pribumi Aceh yang seharusnya mempunyai kedudukan yang kuat di Aceh, namun hari ini, suku gayo dikeberi oleh pengusa Aceh.

Dengan dibentuknya DAG, kita juga mendorong diseluruh wilayah tengah Aceh khususnya dan Aceh pada umumnya, agar segera membentuk dewan adat disetiap kabupaten/kota, sehingga lembaga dewan adat disetiap daerah semakain kuat didaerah masing masing.

Jika setiap daerah memiliki  dewan adat,  maka,  tidak akan  tercederai oleh lembaga Wali Nanggroe yang lahir dengan cara obnormal.(LA/Ril)

Ketua Pelaksana : Ir. Sukriansyah

Sektaris  : Windo Gusyah Putra

Bendahara : Zamzam Mubarak

Comments

comments

News