by

Suara Bertaburan, Caleg Banyak Yang Stres

Takengen | Lintas Gayo    Para Caleg, khususnya merebut kursi DPRK banyak yang terkejut, karena suara yang diharapkan, justru bertaburan, terbagi kemana-mana. Belum ada satu Calegpun yang mampu memenuhi quota yang ditetapkan.

“Si nekar sen nape gere jelas. Langkah ini dele si bala-bili buetni,”  Kata-kata itu banyak Lintas Gayo dengar dari beberapa sumber. Bahkan muncul kata-kata lain, “Meh mu ancar-ancar suara, dele gere jelas ini.”

Fakta di lapangan, untuk sementara komentar yang berkembang di masyarakat, mendekati kebenarannya. Hampir di setiap wilayah, banyak Caleg yang mendapatkan kenyataan di luar perhitungan. Namun, ada juga satu-dua Caleg yang menggangap posisinya sudah relatif aman.

Untuk DPRK, Caleg yang memiliki basis kuat di satu wilayah, berpeluang besar untuk “melenggang” duduk di kursi empuk.  Dengan catatan suara dari basis itu juga harus didukung dari suara di TPS lainnya, walau suaranya kecil , namun bisa untuk  penambah suara.

Berapa orang yang kini duduk di kursi DPRK akan kembali mendapatkan lencana terhormat. Persentasenya tipis, karena muncul Caleg-Caleg yang selama ini tidak duduk di kursi terhormat. Walau masih ada beberapa Caleg tertentu yang sudah duduk di kursi DPRK akan kembali kesana.

Kalkulasi suara di lapangan, hanya di kawasan tertentu dengan Caleg tertentu yang mendapatkan suara lumanyan (suara itu dibasis Caleg). Namun kemenangannya tidak total, persentasenya juga tidak signifikan.

Siapa saja mereka dan bagaimana kansnya, Lintas Gayo sedang mengumpulkan data itu. Semoga tim  Lintas Gayo berhasil merekapnya dalam waktu dekat ini.  Di beberapa TPS hingga kini perhitungan belum final. (Red LG)

Comments

comments

News